Hati-hati, 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Bikin Mati Muda

ADVERTISEMENT

Hati-hati, 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Bikin Mati Muda

Alethea Pricila - detikHealth
Sabtu, 03 Sep 2022 15:02 WIB
Young woman holding hands and saying goodbye to her dying of cancer mother in hospice
Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz
Jakarta -

Lama hidup seseorang memang menjadi suatu hal yang tidak dapat diketahui oleh siapapun. Kematian menjadi salah satu hal yang akan dialami oleh seluruh makhluk hidup seperti manusia.

Meski begitu, manusia memiliki tanggung jawab yang besar atas kehidupan yang diberikan. Manusia akan melakukan berbagai hal demi menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari kematian dini. Namun ada beberapa kebiasaan yang ternyata bisa mempercepat kematian jika dilakukannya secara terus menerus.

Berikut 5 Kebiasaan yang Secara Tidak Sengaja Bisa Mempercepat Kematian dikutip dari Health Digest:

1. Terlalu Banyak Duduk

Kebiasaan ini menjadi salah satu hal yang secara tidak sengaja membuat mempercepat kematian. Menurut penelitian dari BMJ Open menyebut menonton TV kurang dari 2 jam sehari bisa menambah usia kehidupan 1,4 tahun. Hal ini terjadi karena adanya kemungkinan terkenanya penyakit jantung hingga darah tinggi.

Mungkin bagi masyarakat Indonesia ini adalah hal yang mudah namun bagi orang Amerika, ini adalah masalah besar karena kebanyakan dari mereka akan benar-benar duduk 10 jam setiap hari.

2. Tidak Cukup Atau Terlalu Banyak Tidur

Terdapat penelitian yang menunjukkan mereka yang tidak mendapatkan jumlah tidur setidaknya lima jam setiap malam akan meninggal lebih cepat daripada orang yang tidur secara teratur dan mendapatkan jumlah tidur yang tepat.

Namun terlalu banyak tidur bukan berarti menjalankan pola hidup yang sehat. Menurut studi Harvard Medical School's Healthy Sleep, menyebut tidur kurang dari lima jam tidak boleh tetapi lebih dari sembilan jam juga tidak bagus. Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko terkena diabetes hingga jantung koroner.

3. Anti Sosial

Menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan tidak sehat, ini bukan hanya karena banyak duduk di rumah tetapi juga ada hal lain yang tanpa disadari menganggu kesehatan.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan, dikutip dari Health Digest menyebut udara dalam ruangan sebenarnya lebih jauh tercemar dari udara luar karena kurangnya paparan sinar matahari yang mengganggu siklus tidur hingga kemungkinan terkena virus jahat di dalam ruangan tersebut.

4. Melakukan Peregangan Leher

Melakukan peregangan leher menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan ketika merasa tubuh terutama di bagian kepala sudah lelah dan menjadi salah satu cara untuk mendapatkan relaksasi.

Perlu diketahui, jika terlalu sering dilakukan dan tanpa tahu cara yang tepat dapat menyebabkan penyakit serius seperti stroke. Hal ini bukan semata-mata hanya penelitian, Science Alert melaporkan pada 2019 lalu seorang pria 28 tahun mengalami penonjolan leher dan mengalami stroke.

Kebiasaan tersebut merobek arterinya dan menyebabkan adanya pembekuan darah sehingga bekuan tersebut yang menyebabkan pria tersebut mengalami stroke.

5. Terlalu Sering Memainkan Ponsel

Aktivitas ini mungkin cukup aneh untuk dikategorikan sebagai salah satu kebiasaan yang bisa mempercepat kematian. Namun tanpa disadari, kebiasaan ini memberi dampak buruk bagi kesehatan karena ketika bermain ponsel umumnya seseorang akan menunduk.

Berdasarkan sebuah studi 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Physical Therapy Science menyebut postur menunduk yang dilakukan kebanyakan orang ketika memainkan ponselnya dapat menyebabkan gangguan paru-paru.

Studi lain yang dibuat oleh BMC Psychiatry mengaitkan penggunaan smartphone pada mahasiswa dengan tingkat depresi dan kecemasan yang lebih tinggi, dan juga menemukan korelasi antara smartphone dan penurunan kualitas tidur.



Simak Video "Berikut Kebiasaan yang Dapat Memicu Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT