Penyebab Kanker Payudara dan Siapa yang Paling Berisiko

ADVERTISEMENT

Penyebab Kanker Payudara dan Siapa yang Paling Berisiko

Ayunda Septiani - detikHealth
Selasa, 06 Sep 2022 07:38 WIB
Jakarta -

Ibu tiga anak, Dian Mariska, menjadi pasien kanker payudara stadium 3 yang mengalami kelumpuhan. Dian hingga kini masih perlu rutin menjalani tindakan medis.

Kurang lebih sudah sembilan kali ia melakukan terapi penyinaran radiasi, dari total seharusnya 20 kali terapi. Di luar kasus tersebut, apa sih sebenarnya pemicu kanker payudara?

Dokter spesialis bedah konsulen onkologi dari RSCM, Dr dr Diani Kartini, SpBKOnk menyebut hingga kini belum diketahui penyebab pasti dari kanker payudara. Namun, sebenarnya ada beberapa faktor risiko di balik kemunculan kanker tersebut.

Faktor risiko disebut dr Diani terbagi menjadi dua, yakni faktor yang bisa dihindari dan tidak bisa seperti riwayat genetik. Apa saja?

"Yang tidak bisa dirubah itu misalnya jenis kelamin, terutama perempuan, lebih banyak daripada laki-laki, walaupun laki-laki juga bisa kena kanker payudara," beber dr Diani dalam sesi berbincang bersama e-Life detikcom Jumat (2/9/2022).

Faktor risiko lain yang tidak bisa dicegah yakni riwayat keluarga dengan kanker payudara, seperti lingkungan terdekat ibu, kakak, hingga adik. Bisa juga pasien sebelumnya mengalami fase menstruasi lebih lama atau menopause terlalu tua, ini juga turut menjadi faktor risiko langsung.

Seorang wanita yang tidak memiliki anak juga disebut memiliki risiko tinggi terkena kanker payudara.

"Kemudian yang bisa dirubah (dicegah) adalah riwayat kehamilan seperti penggunaan kontrasepsi hormonal, kemudian juga adanya riwayat merokok, alkohol, itu adalah faktor-faktor risiko terjadinya kanker payudara," lanjutnya.

"Kanker payudara ini mempunyai sifat menyebar, jadi bisa menyebar ke kelenjar getah bening dan juga bisa menyebar jauh ke paru-paru kemudian bisa ke tulang, kemudian tulang belakang kemudian bisa ke hati dan juga ke otak," tambahnya.

(ayd/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT