Dada Kiri Selalu Sakit dan Sesak Napas Tiap Begadang, Sakit Apa ya Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Dada Kiri Selalu Sakit dan Sesak Napas Tiap Begadang, Sakit Apa ya Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selasa, 06 Sep 2022 09:00 WIB
ilustrasi sakit jantung
Foto ilustrasi: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Halo, Dok saya saat ini berusia 28 tahun. Pekerjaan saya terkadang mengharuskan saya begadang, bekerja sampai larut malam.

Dan setiap kali saya begadang atau kurang tidur, keesokan harinya dada bagian kiri saya terasa sakit, jantung berdebar, napas sesak, dan mudah lelah.

Hal ini juga terjadi jika saya terlalu bekerja keras. Mohon penjelasannya terhadap kondisi saya ini Dok.

Ale (pria, 28 tahun)

Jawaban:

Gaya hidup yang kurang sehat seperti begadang, tidak seimbang dengan istirahat sebaiknya dihindari. Keluhan dada sakit, jantung berdebar, napas sesak dan mudah lelah bisa menjadi tanda berbagai gangguan kesehatan.

Bisa saja memang ada gangguan organ jantung, yang ditandai oleh jantung berdebar dan nyeri dada. Namun, ini bisa juga karena kondisi yang disebut burn out. Hal ini terjadi karena gangguan psikis tercermin atau bermanifestasi pada gangguan fisik.

Coba untuk mengenali diri Anda. Kapan perlu istirahat, kapan perlu mengatur prioritas. Atau mungkin perlu cara yang lebih efisien bagi Anda dalam bekerja.

Berkonsultasi dengan dokter, psikolog atau coach juga boleh dilakukan.
Evaluasi diperlukan untuk mengetahui apakah betul ada gangguan kesehatan secara fisik dengan medical check up yang sesuai.

dr Eddy Wiria, PhD

Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Waspada! Dokter Jantung Ungkap Pemicu Stroke di Usia Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT