Kaki Putin Disebut Gemetar saat Berbicara, Rumor Kena Kanker Menguat?

ADVERTISEMENT

Kaki Putin Disebut Gemetar saat Berbicara, Rumor Kena Kanker Menguat?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 06 Sep 2022 13:32 WIB
Russian President Vladimir Putin listens to a journalists question during a joint news conference with Hungarys Prime Minister Viktor Orban following their talks in the Kremlin in Moscow, Russia, Tuesday, Feb. 1, 2022. Putin says the U.S. and its allies have ignored Russias top security demands. In his first comments on the standoff with the West over Ukraine in more than a month, Putin said Tuesday that the Kremlin is still studying the U.S. and NATOs response to the Russian security demands received last week. (Yuri Kochetkov/Pool Photo via AP)
Kesehatan Presiden Rusia Vladimir Putin disorot dunia. Foto: Yuri Kochetkov/Pool Photo via AP
Jakarta -

Kondisi kesehatan Presiden Rusia, Vladimir Putin lagi-lagi menjadi sorotan dunia. Beredar laporan, Putin tampak gelisah dan kakinya gemetar saat melakukan kunjungan ke provinsi timur jauh Rusia Kamchatka. Mengingat dalam beberapa waktu terakhir, marak beredar spekulasi tentang kesehatan Putin yang merosot.

Pada Senin (5/9/2022), Putin menghadiri forum Pemuda Lingkungan Nasional di Kamchatka. Di sana, ia terlihat gelisah dan bergeser di tempat duduknya saat berbicara dengan mahasiswa Rusia.

Sejumlah pihak melihat kejadian tersebut sebagai bukti lebih lanjut terkait dugaan masalah kesehatan Putin. Para ahli kremlinologis dan badan intelijen Barat juga menyoroti beberapa contoh perilaku aneh yang dilakukan oleh Putih. Mereka mendukung laporan bahwa Putin mengalami pemerosotan kondisi kesehatan, kemungkinan besar karena kanker.

Nada berbicara Putin dalam momen tersebut juga dinilai tidak wajar. Saat itu, Putin berbicara kepada banyak pemuda terkait orang-orang dari provinsi-provinsi Rusia yang mati di Ukraina. Sementara itu, orang-orang yang kuat dari kelas menengah Rusia menghindari wajib militer umum.

"Anda harus hidup untuk sesuatu yang Anda rela mati untuknya. Seasing kelihatannya di bidang kemanusiaan, ini adalah sesuatu yang patut dijalani," beber Putin dalam momen tersebut, dikutip dari New York Post, Selasa (6/9).

Seiring maraknya spekulasi tentang kondisi kesehatan Putin, Direktur CIA William Burns dan kepala MI6 Inggris Richard Moore justru menyatakan bahwa Putin 'benar-benar terlalu sehat'. Hal itu disampaikannya dalam Forum Keamanan Aspen pada Juli lalu.

"Tidak ada bukti bahwa Putin menderita kesehatan yang buruk," kata Moore



Simak Video "Kesehatan Putin Disorot Lagi Gegara Batuk-batuk Sebelum Pidato"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT