Ciri-ciri Kanker Payudara, Bisa Jadi Sering Tak Disadari

ADVERTISEMENT

Ciri-ciri Kanker Payudara, Bisa Jadi Sering Tak Disadari

Ayunda Septiani - detikHealth
Rabu, 07 Sep 2022 14:21 WIB
Jakarta -

Dokter spesialis bedah konsulen onkologi dari RSCM, Dr dr Diani Kartini, SpBKOnk mengungkap total sekitar 70-80 persen pasien kanker payudara memiliki gejala berupa benjolan. Benjolan tersebut bisa dikategorikan tumor jinak maupun ganas.

Jika bersifat ganas, dokter mengklasifikasikannya sebagai kanker. Keluhan yang paling banyak ditemukan lainnya yakni keluarnya cairan di puting.

"Ada juga cairan dari puting yang keluar berwarna merah, kemudian adanya perubahan kulit di payudara menjadi seperti kulit jeruk," pesan dr Diani agar mewaspadai ciri-cirinya, jelasnya dalam program e-Life detikcom, (2/9/2022).

"Kemudian adanya luka di payudara yang tidak sembuh-sembuh," sambungnya.

Masyarakat juga diminta waspada jika melaporkan adanya penarikan puting yakni puting tampak tertarik ke dalam. Meski gejala tersebut umum ditemukan, tidak sedikit wanita yang tak menyadari satupun gejala.

"Ya jadi memang ada juga pasien yang tidak menyadari ada benjolan di payudara, karena tidak ada rasa nyeri, nah kemudian bisa jadi pasien datang, payudara kanan dan kiri saya agak berbeda, nah itu bisa kita periksa, kemudian juga ada yang mengeluh payudaranya berasa keras tapi tanpa rasa nyeri itu bisa terjadi," tandas dia.

"Kemudian kasus perempuan yang tidak menyadari sampai terjadi penyebaran," ungkapnya.

Hal itu bisa dikarenakan gejala yang dikeluhkan bermanifestasi menjadi batuk, sesak napas, lantaran menjalar ke paru-paru.

(ayd/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT