Tak Lagi Pahit, Kini Ada Jamu Rasa Buah-buahan

ADVERTISEMENT

Tak Lagi Pahit, Kini Ada Jamu Rasa Buah-buahan

Atta Kharisma - detikHealth
Rabu, 07 Sep 2022 20:40 WIB
Sinar Herba Radix.
Foto: dok.Sinar Herba Radix
Jakarta -

Di Indonesia, jamu dikenal sebagai produk herbal hasil meramu bahan-bahan yang berasal dari alam dan memiliki khasiat untuk kesehatan. Salah satu warisan budaya nenek moyang ini memiliki banyak sekali khasiat, antara lain sebagai obat-obatan, suplemen untuk menjaga kebugaran, melindungi tubuh dari serangan penyakit hingga meningkatkan nafsu makan pada anak.

Jamu juga biasa disebut sebagai obat rumahan karena bisa dibuat sendiri dari bahan-bahan yang ada di sekitar, seperti kunyit, kencur, jahe, lengkuas, berbagai jenis rimpang serta tanaman lainnya. Seiring dengan kemajuan teknologi, jamu juga sudah dikembangkan menjadi bentuk kapsul, bubuk hingga cair agar tahan lama dan praktis untuk disimpan serta dibawa kemana-mana.

Kendati demikian, jamu kerap identik dengan rasa pahit yang membuat banyak masyarakat, terutama kaum muda dan anak-anak kurang menyukainya. Produsen Sinar Herba Radix menciptakan sebuah inovasi dengan membuat jamu dalam bentuk minuman rasa fruity yang diberi nama Herbajus.

"Jamu kita ini seperti minuman dengan rasa fruity. Kita bikin rasanya segar dan bisa diminum pakai es, tapi posisinya seperti jamu, enak dan ada khasiatnya," ujar Direktur Sinar Herba Radix Rangga Santoso dalam keterangan tertulis, Rabu (7/9/2022).

Rangga mengungkapkan jamu Herbajus ini sudah memiliki standardisasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), yang mana khasiat dan cara konsumsinya sudah terstandarisasi dan disetujui oleh BPOM.

Ia menambahkan Herbajus juga sudah memiliki izin edar dari BPOM dan sudah memiliki label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Rangga mengatakan untuk saat ini, Sinar Herba Radix baru mengeluarkan produk jamu Herbajus rasa jeruk. Ia menuturkan Herbajus ini memiliki khasiat untuk menjaga fungsi hati.

"Saat ini, kita baru punya produk jamu temulawak rasa jeruk. Ke depan, kita akan ada jamu mengkudu, aloevera, dan kunyit. Jadi, nanti orang bisa minum jamu tapi rasa apel atau fruity," ungkapnya.

"Diharapkan, dengan mengemas jamu seperti minuman rasa fruity ini, akan semakin banyak orang terutama anak-anak muda dan anak-anak yang semakin suka untuk mengkonsumsi jamu," pungkasnya.



Simak Video "Pilah Pilih Jamu dan Herbal untuk Tambah Imun"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT