Fakta-fakta Ratu Elizabeth II: Rahasia Panjang Umur, Riwayat Sakit hingga Wafat

ADVERTISEMENT

Fakta-fakta Ratu Elizabeth II: Rahasia Panjang Umur, Riwayat Sakit hingga Wafat

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 09 Sep 2022 10:47 WIB
WINDSOR, ENGLAND - JULY 27:  Britains Queen Elizabeth smiles after the England v Mexico Golden Jubilee Cup 2003 match during the Cartier International Polo Day July 27, 2003 in Windsor, England. The day was in aid of The Polo Charity Trust. (Photo by Scott Barbour/Getty Images)
Foto: Getty Images/Scott Barbour
Jakarta -

Penguasa terlama di Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Hal ini diumumkan langsung dari Istana Buckingham pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat.

"Ratu meninggal dengan damai di Balmoral sore ini," tulis istana Buckingham dalam pernyataan resmi, dikutip dari Reuters.

Adapun kabar duka tersebut disampaikan tak lama setelah tim dokter mengumumkan kondisi Ratu dalam pengawasan ketat. Berikut fakta-fakta rahasia panjang umur Ratu Elizabeth II hingga riwayat sakit.

Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II

Banyak warga yang mengagumi umur panjang Ratu Elizabeth, mengingat dirinya pertama kali menjadi ratu di tahun 1952. Bahkan dirinya menjadi pemegang rekor ratu terlama memerintah dalam sejarah Inggris, lebih 70 tahun.

Dikutip dari Health Digest, peneliti budaya Inggris Bryan Kozlowski, yang menulis buku 'Long Live the Queen! 23 Rules for Living From Britain's Longest-Reigning Monarch' menceritakan 'rahasia' di balik hidup panjang Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II disebut memiliki kebiasaan menjaga kebugarannya dengan olahraga, salah satunya berkuda yang dilakukan nyaris setiap hari. Juga, ia terbiasa mengatur pola makan yang sehat.

Darren McGrady, mantan koki kerajaan Inggris, mengungkapkan bahwa makanan favorit penguasa terlama di Inggris ini adalah sayuran bersama protein tanpa lemak, seperti salmon, pheasant, dan daging rusa.

Tak hanya itu, Ratu Elizabeth II juga memiliki ingatan yang cukup baik meski usianya tak lagi muda. Hal itu dikarenakan ia selalu meluangkan waktu selama berjam-jam dalam sehari untuk membaca dokumen penting baik terkait kebijakan dan masalah konstitusional. Dikutip dari New York Post, ketika berbicara tentang kesehatan mentalnya, ia kerap meluangkan waktu untuk dirinya sendiri, mencari ketenangan di kastil Balmoral yang disayanginya di Skotlandia.

Meski begitu, menurut penelitian, kebiasaan pribadi Ratu Elizabeth yang sehat bukan satu-satunya hal yang membuatnya panjang umur. Pada saat kelahirannya di tahun 1926, harapan hidup wanita di Inggris adalah 62 tahun, sementara usia yang dia lewati dari rata-rata tersebut adalah 34 tahun.

Riwayat Sakit Ratu Elizabeth II

Dikutip dari CNN, Ratu Elizabeth II beberapa kali membatalkan agenda resmi lantaran masalah kesehatan. Adapun rangkumannya dari tahun ke tahun sebagai berikut.

Desember 2003

Ratu Elizabeth II menjalani operasi pengangkatan tulang rawan yang robek di lutut kirinya. Tak lama, ia juga mengikuti proses serupa untuk lutut kanannya.

Maret 2013

Ratu dirawat di rumah sakit karena gastroenteritis, penyakit perut yang umum ditemukan. Dikutip dari WebMD, kondisi gastroenteritis membuat perut dan usus teriritasi hingga meradang. Penyebabnya biasanya infeksi virus atau bakteri.

Mei 2021

Dia melewatkan kebaktian Minggu di pusat kota London setelah punggungnya terkilir.

Oktober 2021

Ratu Elizabeth II bermalam di rumah sakit saat menjalani 'penyelidikan awal' terkait kesehatannya, demikian pengumuman Istana saat itu. Tidak disebutkan penyakit apa yang diidap Ratu Elizabeth hingga dirawat di RS.

Februari 2022

Sang Ratu tertular COVID-19 dan mengalami gejala seperti pilek biasa, tetapi ia tetap mengurusi sejumlah pekerjaan ringan.

Sejak didiagnosis positif COVID-19, Ratu terpaksa membatalkan atau mengurangi beberapa acara secara lebih teratur.

Dia tidak menghadiri semua perayaan untuk Platinum Jubilee Juni yang menandai 70 tahun memegang takhta dan melewatkan pembukaan agenda parlemen negara bagian, bulan sebelumnya, karena masalah atau gangguan mobilitas.



Simak Video "Dokter Bicara soal Pangeran Philip di Balik Kematian Ratu Elizabeth II"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT