9 Cara untuk Membersihkan Paru-paru, Perokok Wajib Tahu!

ADVERTISEMENT

9 Cara untuk Membersihkan Paru-paru, Perokok Wajib Tahu!

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 13 Sep 2022 09:30 WIB
A young doctor is standing and looking at the lungs image at the blurred hospital room background. The concept of medical service, diagnosis and treatment.
Ilustrasi cara alami membersihkan paru-paru. Foto: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis
Jakarta -

Setiap hari, paru-paru manusia terpapar polutan pembunuh dan mikroba yang mengendap pada udara yang dihirup. Terlebih pada perokok, paru-paru sehat yang normalnya berwarna merah muda akan berubah menjadi hitam dengan endapan tar.

Jelas, berhenti merokok menjadi langkah pertama untuk berusaha mengendalikan kesehatan. Detoksifikasi secara teratur diharapkan bisa membantu kelancaran fungsi paru dan membantu pembersihan paru dari racun. Lantas, adakah cara alami yang bisa diupayakan untuk membersihkan paru-paru, khususnya pada kasus perokok?

Dikutip dari India Times, berikut 10 cara membersihkan paru-paru yang boleh dicoba:

1. Jahe

Jahe biasa diandalkan untuk meredakan gejala masuk angin dan batuk. Pasalnya, jahe diyakini efektif menyembuhkan penyumbatan saluran napas dan menghilangkan racun pada paru-paru.

Untuk membersihkan paru-paru, jahe bisa dikonsumsi dengan cara dimakan mentah, atau diminum bersama teh. Konsumsi jahe diyakini bisa meningkatkan keringat dan memaksimalkan proses pengeluaran racun dari tubuh.

2. Konsumsi Teh Hijau

Sebenarnya, meminum secangkir teh hijau herbal secara rutin sebelum tidur diyakini bisa melepaskan racun pada usus penyebab sembelit. Sembari mencoba membersihkan paru-paru, cobalah rutin mengkonsumsi teh hijau untuk mendukung proses detoksifikasi tubuh.

3. Perbanyak Antioksidan

Sebelum tidur, cobalah konsumsi 400 ml jus nanas atau cranberry untuk melawan bakteri penyebab infeksi di paru-paru. Pasalnya, antioksidan dalam minuman ini diyakini efektif membantu sistem pernapasan dan membersihkan paru-paru.

4. Kurangi Produk Olahan Susu

Semari mendetoksifikasi paru-paru, kurangi konsumsi produk olahan susu. Langkah ini akan membantu tubuh mengeluarkan racun selama pembersihan paru-paru.

5. Konsumsi Jus Wortel

Wortel diyakini mampu membantu proses detoksifikasi paru-paru. Cobalah mengkonsumsi jus wortel setidaknya 300 ml pada waktu antara sarapan dan makan siang.

6. Konsumsi Oregano

Oregano kaya akan dekongestan alami, diyakini mampu mengurangi histamin dan membantu kelancaran aliran udara pada hidung dan fungsi saluran pernapasan. Cara mengkonsumsinya sederhana, cukup dengan mencampurkan taburan oregano pada hidangan makanan sehari-hari.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT