ADVERTISEMENT

Rabu, 14 Sep 2022 05:00 WIB

Bukannya Sehat, Minum Vitamin Malah Berisiko Merusak Ginjal Kalau Begini

Alethea Pricila - detikHealth
penyebab payudara mengendur Amankah minum vitamin tiap hari? (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Ada banyak cara untuk memiliki tubuh yang sehat mulai dari olahraga hingga mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, beberapa masyarakat memilih untuk mengonsumsi vitamin untuk mengoptimalkan imun tubuh.

Biasanya, mereka akan mengonsumsi vitamin setelah makan dan sebelum memulai aktivitas. Tapi apakah vitamin bisa dikonsumsi setiap hari?

Konsumsi vitamin secara rutin diperbolehkan. Hal ini diucapkan oleh dr Eric Daniel Tenda, dokter spesialis penyakit dalam interventional pulmonologist dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM). Menurutnya vitamin boleh dikonsumsi secara rutin sesuai anjuran.

"Kalau dikonsumsi secara rutin boleh aja yang perlu dipahami kalau sudah ada sediaannya, itu pasti sudah ada researchnya, berapa miligram atau dosis yang dapat dikonsumsi seseorang tanpa pengawasan dari dokter," jelasnya saat ditemui di daerah Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa (13/9/2022).

Namun dr Eric juga menjelaskan konsumsi harian vitamin ini bukan untuk semua orang. Ada beberapa kelompok seperti usia lanjut tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi vitamin terutama dengan dosis tinggi.

"Kita tidak menganjurkan untuk memberikan vitamin D dosis tinggi. Tapi yang bisa dipahami bahwa nggak semua orang bisa menerima itu (dosis tinggi), contoh orang-orang usia lanjut dengan risiko terhadap fraktur atau patah tulang dan lain-lain," tegasnya.

Tak hanya itu, ia menjelaskan jika mengonsumsi vitamin dengan dosis tinggi tanpa resep dokter akan berdampak pada beberapa orang yang sensitif pada zinc dan organ tubuh seperti ginjal.



Simak Video "Temuan Terkini soal Kasus Kematian Puluhan Anak Gambia Terkait Paracetamol"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT