Puluhan Warga Karawang Keracunan Gas Klorin Dilarikan ke RS, Ini Bahayanya

ADVERTISEMENT

Puluhan Warga Karawang Keracunan Gas Klorin Dilarikan ke RS, Ini Bahayanya

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Rabu, 14 Sep 2022 18:00 WIB
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit
Ilustrasi perawatan di rumah sakit. Foto: Getty Images/iStockphoto/kan2d
Jakarta -

Puluhan warga Kampung Cigempol, Desa Kutamekar, Kecamatan Ciampel, Karawang dilarikan ke rumah sakit diduga keracunan gas klorin. Gas klorin tersebut diduga bersumber dari PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II.

Beberapa orang warga menduga kebocoran gas klorin tersebut terjadi sejak Subuh. Beberapa warga merasakan pusing, mual, hingga mata yang terasa perih.

"Rasanya pusing dan mual. Bahkan mata terasa perih," kata Sapti (58) salah seorang warga desa, dikutip dari Antara, Rabu (14/9/2022).

Menurut laporan salah seorang warga, sudah ada sekitar 33 orang yang dilarikan ke Rumah Sakit Rosela untuk dirawat. Jumlah ini belum ditambah dengan korban yang dirawat di klinik desa.

Warga setempat berujar bahwa kejadian keracunan gas klorin dari PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills II bisa terjadi setiap tahun. Tak sedikit warga yang keracunan mendapatkan kondisi parah hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Bahaya Gas Klorin

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), ketika gas klorin bersentuhan dengan jaringan lembab seperti mata, tenggorokan, dan paru-paru, zat asam yang dihasilkan dapat merusak jaringan tersebut.

Paparan terhadap gas klorin dapat menghasilkan gejala seperti penglihatan kabur, nyeri terbakar, kemerahan, dan lecet pada kulit jika terkena gas, batuk, sesak dada, dan kesulitan bernapas atau sesak napas.

Komplikasi jangka panjang dapat terjadi setelah menghirup klorin dengan konsentrasi tinggi. Komplikasi lebih mungkin terlihat pada orang yang mengalami masalah kesehatan yang parah seperti adanya cairan di paru-paru (edema paru) setelah paparan awal.



Simak Video "Wanti-wanti Dinkes Jabar soal 'Chikbul' yang Bikin Anak Keracunan"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT