Heboh Puluhan Anak Meninggal Dikaitkan dengan Paracetamol, Begini Gejalanya

ADVERTISEMENT

Heboh Puluhan Anak Meninggal Dikaitkan dengan Paracetamol, Begini Gejalanya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kamis, 15 Sep 2022 09:31 WIB
Jakarta -

Heboh 28 anak dilaporkan meninggal dunia dalam tiga bulan terakhir di Gambia, Afrika Barat. Otoritas kesehatan setempat sebelumnya melakukan autopsi dan kemungkinan awal dikaitkan dengan paracetamol.

"Puluhan anak (di bawah usia lima tahun) telah meninggal dalam tiga bulan terakhir," kata direktur layanan kesehatan Gambia, Mustapha Bittaye, dikutip dari Reuters.

"Autopsi menunjukkan kemungkinan kaitan dengan paracetamol," katanya, mengidentifikasi seluruh kasus kematian sebelumnya mengonsumsi sirup paracetamol.

Apa gejala yang dikeluhkan?

Tak sedikit dari puluhan anak yang meninggal teridentifikasi gagal ginjal. Angka kematian bahkan disebut Bittaye jauh lebih tinggi.

Adapun gejala yang dikeluhkan meliputi:

  • Kesulitan buang air kecil
  • Demam
  • Muntah yang dengan cepat memicu gagal ginjal.

Meski begitu, WHO sebelumnya menyebut kecil kemungkinan penyebab meninggalnya puluhan anak di Gambia terkait dengan paracetamol, meskipun tetap memerlukan penyelidikan lebih lanjut.

Otoritas kesehatan setempat juga tidak mengesampingkan kemungkinan penyebab lainnya yakni infeksi bakteri E coli. Kemungkinan terjadi karena hujan lebat telah menyebabkan banjir di Gambia dan di sebagian besar wilayah Afrika Barat, dalam beberapa pekan terakhir.

Jalan-jalan yang tidak beraspal di ibukota Banjul dan kota-kota sekitarnya juga kewalahan akibat banjir tersebut.

"Tak hanya itu, penggunaan jamban terbuka dan sumur minum terbuka di pusat kota bisa memicu kontaminasi air minum dan berkontribusi pada penyebaran penyakit yang ditularkan melalui air seperti E coli," kata petugas kesehatan.

Bittaye menyebut pengumuman resmi 'biang kerok' puluhan anak meninggal dikaitkan dengan paracetamol akan diungkap beberapa hari ke depan.


Saksikan juga d'Mentor On Location: Cuan 'Maut' Ekspor Ikan Hias Laut

[Gambas:Video 20detik]



(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT