Situasi Membaik, Tanda COVID-19 Segera Jadi Endemi? Ini Perkiraan Menkes

ADVERTISEMENT

Situasi Membaik, Tanda COVID-19 Segera Jadi Endemi? Ini Perkiraan Menkes

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 16 Sep 2022 07:30 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta -

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan akhir pandemi COVID-19 sudah di depan mata. Ini terlihat dari posisi dunia yang baik untuk segera mengakhiri pandemi ini.

"Kita belum sampai di sana. Tetapi akhirnya sudah di depan mata," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers dikutip dari Reuters, Kamis (16/9/2022)

Apakah ini menjadi tanda COVID-19 akan segera menjadi endemi?

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan status endemi untuk COVID-19 membutuhkan kesepakatan bersama. Itu harus melibatkan kesepakatan dari seluruh pemimpin negara berdasarkan situasi khusus yang terkendali di dalam negeri.

"Pandemi karena sifatnya dunia, kalau selesai harus kompak seluruh pemimpin dunia menyatakan selesai," kata Menkes Budi saat ditemui di Kantor Kemenkes, Kamis (15/9/2022).

Bagaimana Kondisi Pandemi COVID-19 di Indonesia?

Menurut Menkes Budi, situasi pandemi di Indonesia saat ini relatif lebih terkendali. Ini dibuktikan keberadaan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 yang banyak memicu gelombang baru di dunia, tetapi tidak memberikan efek serupa pada Indonesia.

Ia berharap Indonesia akan terus berada di posisi yang baik seperti saat ini.

"Posisi Indonesia relatif lebih baik. Mudah-mudahan tetap ada di kelompok ini," sambungnya.

Namun, Menkes Budi mengungkapkan masih ada satu tantangan yang harus dilakukan untuk bisa lepas dari status pandemi. Caranya dengan meningkatkan cakupan vaksinasi booster COVID-19 yang saat ini masih relatif rendah. Untuk itu, Menkes Budi terus mengimbau masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin booster di seluruh fasilitas kesehatan.



Simak Video "Terpapar Covid-19, Menkes Budi: Mohon Doa Agar Segera Pulih"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT