ADVERTISEMENT

Jumat, 16 Sep 2022 13:11 WIB

Kata Dokter Obgyn Soal Penyebab Wanita Perdarahan Hebat Saat Malam Pertama

Alethea Pricilla - detikHealth
Kisah Viral Perdarahan Malam Pertama Sampai Harus Transfusi 2 Kantong Darah Foto: Tangkapan layar TikTok @nurulapryni104
Jakarta -

Viral wanita asal Bogor mengalami perdarahan saat malam pertama. Hal ini membuatnya pingsan dan harus transfusi sebanyak 2 kantong darah. Peristiwa ini hampir membuatnya trauma.

"Hampir trauma berat sama kejadian ini," tulisnya dalam video yang diunggah Selasa (12/9/2022).

Saat dimintai keterangan lebih lanjut, Nurul menyebut belum mengetahui secara apa penyebab pasti dari perdarahan. Namun ia menyebut saat melakukan pemeriksaan awal, dokter menyebut adanya luka dalam dan butuh pemeriksaan lebih lanjut.

"Dokter bilang mungkin ada luka di dalam jadi menyebabkan perdarahan yang banyak tapi saat itu luka tidak dicari karena menyebabkan luka lain dan mengeluarkan lebih banyak darah," jelasnya kepada detikcom, Kamis (15/9/2022).

Menanggapi kejadian tersebut, dokter spesialis Obstetri-Ginekologi, dr Dinda Derdameisya SpOG menjelaskan darah yang keluar saat malam pertama bisa terjadi karena adanya robekan hymen atau selaput dara.

"Kalau memang belum pernah berhubungan seksual dan baru pertama kali, itu berartikan dia melewati pintu vagina yang biasanya terhalang dengan selaput dara atau hymen. Jadi pada saat penis menembus hymen tersebut bisa menimbulkan bercak darah. Tapi nggak semua juga yang berdarah, jadi bisa jadi hymen itu robek dan berdarah," ucap dr Dinda kepada detikcom, Kamis (15/6/2022).

Bagaimana Cara Mengetahui Perdarahan Malam Pertama Itu Merupakan Perdarahan 'Normal' Atau Tidak?

dr Dinda menyebut perdarahan malam pertama itu masih tergolong normal jika darah tidak begitu banyak dan berhenti. Ia juga menjelaskan jika darah semakin banyak harus segera konsultasikan ke dokter.

"Yang masih normal itu ketika darahnya tidak banyak dan berhenti jadi besoknya udah nggak berdarah lagi. Tapi kalo misalnya darahnya makin banyak, makin seperti haid tapi tidak haid, harus konsultasikan kepada dokter," jelasnya.

Konsultasi dokter ini dilakukan untuk melihat penyebab pastinya. Ia menjelaskan kemungkinan terjadi perdarahan karena adanya luka di vagina atau di bawah mulut rahim.

"Harus konsultasikan ke dokter takutnya ada luka di vagina atau di bawah mulut rahim yang sering kali pada saat berhubungan itu berdarah juga, itu namanya postcoital bleeding akibat laserasi vagina, biasanya laserasi di posterior portion cervix, itu juga perdarahan yang sering terjadi pada hubungan seksual yang cukup agresif," katanya.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT