ADVERTISEMENT

Jumat, 16 Sep 2022 20:12 WIB

5 Tanda-tanda Kanker Usus yang Sering Diabaikan, BAB Tak Tuntas Termasuk

Fadilla Namira - detikHealth
kanker Tanda-tanda Kanker Usus (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Kanker usus (bowel cancer) adalah istilah umum yang dipakai pada penyakit kanker yang dimulai pada area usus. Namanya akan jadi lebih spesifik tergantung di mana bibitnya tumbuh, seperti kanker rektal (usus besar) dan kanker usus halus. Simak tanda-tanda kanker usus di bawah ini untuk upaya pencegahan.

Kanker ini berkembang dari lapisan dalam usus dan didahului oleh pertumbuhan polip. Polip adalah jaringan berbentuk tungkai dan dapat tumbuh di dalam organ tubuh. Ia berpotensi jadi sel kanker jika tidak terdeteksi secara dini.

Berdasarkan Globocan 2018, kanker usus menempati peringkat keempat dengan jenis kanker terbanyak dialami oleh penduduk di seluruh dunia. Parahnya lagi, pertumbuhan penyakit ganas ini menduduki peringkat tertinggi kedua menjangkiti pria di Indonesia dengan total kasus mencapai 30.017 atau 8,6 persen.

Seorang ahli bedah digestif, dr Wifanto Saditya Jeo, SpB-KBD, beberapa waktu lalu sempat mengatakan bahwa risiko terkena kanker usus banyak ditemukan oleh kaum manula, tetapi belakangan temuan kasus ini dijangkiti oleh orang dengan usia produktif.

"Insidennya biasanya pada seorang berusia 50 tahun, tetapi akhir-akhir ini angka beralih ke usia muda. Ini bisa gara-gara gaya hidup," ujar Dr dr Wifanto Saditya Jeo, SpB-KBD saat ditemui detikcom di acara bertema Kanker di Jakarta Selatan, Sabtu (6/8/2022).

Tanda-tanda Kanker Usus

Berikut adalah tanda-tanda kanker usus dikutip dari BowelcancerUK.

1. Feses Berdarah

Feses berdarah adalah kondisi kesehatan yang tidak normal, namun sering dialami oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi, tanda ini tidak hanya terjadi pada kanker usus saja. Wasir (ambeien) dan diare adalah satu dari banyak penyebab pendarahan saat buang air besar. Lalu, bagaimana kita bisa membedakannya agar mendapat pencegahan sedini mungkin?

Menurut ahli bedah digestif dari RSCM, dr Wifanto Saditya Jeo, SpB-KBD, darah pada feses di kasus kanker usus besar mirip dengan ambeien. Namun perbedaannya, jika pada pasien kanker usus besar darah tercampur dengan feses, sedangkan pasien ambeien mengalami darah menetes dari area anus karena adanya gesekan.

2. Perubahan Kebiasaan Buang Air Besar

Selain pendarahan, bolak-balik buang air besar karena diare dan sembelit dengan waktu yang cukup panjang, bahkan sampai enam minggu adalah tanda dari usus yang tidak sehat. Tanda ini semakin jelas dengan adanya perubahan tekstur feses yang lebih encer dari biasanya.

3. Buang Air Besar yang Tidak Tuntas

Tak hanya dr Wifanto, ahli bedah digestif lain, dr Fajar Firsyada, menambahkan buang air besar yang tidak tuntas bisa jadi tanda kanker usus karena pola hidup yang tidak sehat.

"BAB nggak tuntas di kolon kiri akan menyebabkan fesesnya kecil-kecil seperti kotoran kambing. Nah, ini sebagian besar faktor pola hidup paling tinggi," katanya.

3. Penurunan Berat Badan

Penurunan berat bedan tanpa sebab mungkin banyak disepelekan oleh banyak orang. Namun, ketahuilah bahwa ini bisa jadi pertanda awal dari kanker usus. Kemungkinan besarnya hal ini muncul karena keseringan buang air besar sehingga terjadi kekosongan di organ pencernaan. Tak hanya itu, pengidapnya akan kehilangan selera makan dan rasa sakit di perut.

4. Kelelahan dan Anemia

Sel kanker yang tumbuh akan menghambat produksi zat besi dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah). Bagi pengidap anemia, mereka cenderung merasa sangat lelah melakukan aktivitas sehari-hari dan kulit terlihat lebih pucat.

5. Nyeri dan Benjolan di Perut

Salah satu gejala kanker usus selanjutnya adalah rasa nyeri yang disertakan dengan benjolan di perut atau punggung. Namun, pastikan makanan pengidapnya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gas jika merasakan gejala ini. Jika semakin lama semakin parah, segera periksakan ke dokter.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin memutuskan untuk melakukan beberapa rangkaian tes di rumah sakit untuk memastikan tanda-tanda kanker usus yang dirasakan. Namun perlu diingat, penyakit ini sebagian besar disebabkan pengonsumsian makan yang tidak sehat dan kebiasaan hidup yang buruk. Oleh karenanya, ubahlah kebiasaan tersebut.



Simak Video "Mengenal Lebih Dekat Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT