ADVERTISEMENT

Senin, 19 Sep 2022 05:00 WIB

Curhat Selebgram Tasya Farasya, Stretch Mark Muncul Tiap Hamil

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rahasia Tasya Farasya Tetap Bening Meski Mager Skincare-an saat Hamil Tasya Farasya (Foto: detikHealth/Nafilah Sri Sagita)
Jakarta -

Selebgram Tasya Farasya tengah hamil anak kedua. Di masa kehamilan, dirinya tak pernah lepas dari persoalan kulit seperti yang kerap dikeluhkan ibu hamil yakni stretch mark.

Meski begitu, ia menyebut stretch mark di kehamilan anak kedua belum begitu tampak. Ia mengaku stretch mark yang dialaminya seperti kehamilan pertama, banyak muncul pasca persalinan.

"Aku tuh mau hamil pertama, hamil kedua, selalu ada stretch mark. Terus sekarang ada lipatan-lipatan hitam di leher," terangnya saat ditemui detikcom di Veranda Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (15/9/2022).

"Tapi warnanya kaya merah-merah lah kaya masih ada harapan buat saya untuk hilang," sambung dia.

Tasya mengaku hanya rutin memakai lotion dan memastikan tubuhnya lembap agar bentuk stretch mark tidak bertambah parah.

Dalam kesempatan serupa, dermatologist dr Melyawati Hermawan, Sp KK menyebut stretch mark yamg muncul di masa kehamilan merupakan hal yang normal dikeluhkan para ibu. Bahkan, sekitar 80 persen ibu hamil menurutnya mengalami stretch mark.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi stretch mark adalah memastikan tubuh terhidrasi. Hal ini dikarenakan kulit yang terhidrasi lebih kecil kemungkinan mengalami stretch mark dibandingkan kulit kering.

"Stretchmark bisa disebabkan karena beragam faktor, ada yang dipicu karena variasi genetik, adapula berat badan naik atau turun kebanyakan," katanya.

"Hati-hati juga penggunaan obat atau krim pemutih yang mengandung bahan steroid, itu juga bisa menimbulkan stretchmark," pesan dia.

dr Melyawati menyarankan untuk menghindari kebiasaan mandi dengan suhu air yang tinggi atau berlama-lama di toilet. Hal ini dikarenakan bisa menghilangkan kelembapan kulit sehingga membuat stretchmark lebih mudah muncul.

"Pilih juga sabun yang akhirnya tidak membuat kulit keset. Pastikan rutin minum air putih, itu yang penting," pesan dia.



Simak Video "Tips untuk Kurangi Konsumsi Gula Tambahan Pada Makanan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT