Fosil Manusia di Kaltim Jadi Bukti Operasi Amputasi Pertama di Dunia

ADVERTISEMENT

Fosil Manusia di Kaltim Jadi Bukti Operasi Amputasi Pertama di Dunia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selasa, 20 Sep 2022 14:03 WIB
bukti operasi amputasi tertua di kalimantan
Fosil manusia di Kalimantan Timur menjadi bukti operasi amputasi tertua di Kalimantan. Foto: Tim Peneliti Griffith University, Australia
Jakarta -

Tim peneliti Indonesia dan Australia telah menemukan kasus operasi amputasi tertua di Kalimantan. Temuan ini menunjukkan prestasi luar biasa di masa prasejarah manusia.

Dikutip dari laman Griffith University, tim arkeolog Indonesia dan Australia yang dipimpin oleh akademisi Universitas Griffith telah menemukan sisa-sisa kerangka seorang pemburu-pengumpul muda yang kaki kiri bawahnya diamputasi oleh ahli bedah prasejarah yang terampil 31.000 tahun yang lalu.

Penemuan tersebut, yang diterbitkan di jurnal Nature, dianggap sebagai bukti paling awal yang diketahui untuk tindakan medis yang kompleks, mendahului contoh lain dari 'operasi' zaman batu yang ditemukan di situs-situs di seluruh Eurasia selama puluhan ribu tahun.

Profesor Maxime Aubert dari Pusat Penelitian Sosial dan Budaya Griffith, salah satu pemimpin proyek penelitian yang dilakukan dengan Pusat Arkeologi, Bahasa dan Sejarah Indonesia, mengatakan temuan baru itu terungkap pada tahun 2020 selama penggalian arkeologi di Liang Tebo.

Analisis oleh ahli paleopatologi Dr Melandri Vlok dari University of Sydney mengkonfirmasi pertumbuhan tulang yang berhubungan dengan penyembuhan, menunjukkan bahwa anggota badan itu dioperasi.

"Faktanya, itu adalah kejutan besar bahwa pemburu purba ini selamat dari operasi masa kanak-kanak yang sangat serius dan mengancam jiwa," katanya.



Simak Video "Permintaan Maaf Nakes yang Live TikTok Saat Pasien Lahiran"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT