ADVERTISEMENT

Rabu, 21 Sep 2022 14:45 WIB

Tanda-tanda Kanker Tulang yang Harus Diwaspadai, Sering Dianggap Cuma Keseleo

Fadilla Namira - detikHealth
ilustrasi tulang Tanda-tanda kanker tulang (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Tanda-tanda kanker tulang penting untuk diwaspadai. Kondisi ini dapat terjadi ketika sel-sel abnormal muncul dan merusak jaringan normal. Dikutip dari Cleveland Clinic, kanker tulang primer berasal dari pertumbuhan sel kanker di tulang. Sementara kanker tulang sekunder atau disebut juga metastasis, berasal dari sel kanker yang terbentuk di jaringan organ lain hingga menyebar ke tulang.

Kanker tulang sendiri memiliki 25 jenis, tetapi hanya tiga temuan kasus terbanyak, yaitu osteosarkoma atau jenis kanker tulang yang menyerang sel-sel tulang lutut dan lengan atas. Biasanya, ditemukan pada kelompok usia remaja dan dewasa, terutama pengidap penyakit tulang paget.

Kemudian sarkoma ewing, yakni jenis kanker yang dimulai dari sel tulang rusuk, tulang panggul, kaki, lengan, ataupun jaringan lunak pada seluruh tulang dengan rata-rata temuan kasus terjadi pada orang berusia 5-20 tahun. Serta kondrosarkoma, jenis kanker yang tumbuh di sel tulang rawan lalu menyebar ke tulang belakang, kaki, dan tangan. Kanker ini paling sering terjadi pada orang berusia antara 40-70 tahun.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, menyebut bahwa kasus kanker tulang di Indonesia meningkat 1,79 persen per seribu penduduk. Walaupun angkanya terbilang kecil, penyakit ini patut diwaspadai.

Tanda-tanda Kanker Tulang

Dikutip dari National Health Service (NHS UK) dan American Cancer Society, berikut ini adalah tanda-tanda kanker tulang yang perlu diwaspadai.

1. Rasa Sakit yang Mengganggu

Nyeri di area tumor adalah tanda paling umum dari kanker tulang. Bila tidak segera ditangani, ia menjadi agresif sampai-sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk membuat tidur tidak nyenyak.

2. Peradangan Tulang

Kanker ini juga bisa menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada tulang. Dengan demikian, tubuh akan sulit digerakkan bahkan meningkatkan risiko kelumpuhan.

3. Patah Tulang

Peradangan yang terus berlanjut karena kanker tulang akan menurunkan kualitas tulang manusia. Hal ini memicu pengeroposan dan tulang jadi lebih mudah patah.

4. Imun Tubuh yang Lemah

Sel kanker yang semakin ganas dapat melemahkan dan memberi efek buruk bagi sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, pengidap kanker tulang kerap merasa demam, kelelahan, berkeringat di malam hari, dan terjadi penurunan berat badan tanpa sebab.

5. Gejala Lainnya

Jika kanker tulang menyebar ke organ lain atau disebut metastasis tulang, itu juga dapat menyebabkan gejala lainnya. Misalnya, jika kanker menyebar ke paru-paru, dapat menyebabkan batuk atau kesulitan bernapas.

Agar tidak menduga-duga, tanda-tanda kanker tulang tersebut bisa dipastikan dengan diagnosis medis yang diberikan oleh dokter spesialis tulang. Biasanya, dokter menyarankan untuk tes darah dan fisik. Tes fisik bisa berupa foto citra melalui CT scan atau MRI.



Simak Video "Mengenal Lebih Dekat Kanker Payudara"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/suc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT