ADVERTISEMENT

Rabu, 21 Sep 2022 17:27 WIB

Yuk, Sehatkan Jantung dengan Bersepeda di Indonesia Heart Bike 2022!

Inkana Izatifiqa R Putri - detikHealth
Yayasan Jantung Indonesia Foto: Yayasan Jantung Indonesia
Jakarta -

Jantung menjadi salah satu organ penting yang perlu dijaga. Pasalnya, jantung memiliki fungsi esensial dalam tubuh dan kelangsungan hidup manusia. Adapun fungsi jantung yang paling utama untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh serta mengalirkan darah dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Kerusakan fungsi jantung tentunya akan berdampak pada kesehatan organ lainnya. Untuk itu, baik orang tua maupun anak muda penting untuk menjaga kesehatan jantung dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan olahraga.

Adapun menjaga kesehatan jantung bisa dilakukan dengan berolahraga ringan, seperti halnya bersepeda. Di samping dapat menjaga kesehatan tubuh, bersepeda juga membantu membakar kalori, menjaga kekuatan otot hingga meningkatkan metabolisme.

Buat para pencinta olahraga sepeda, kini Anda bisa ikutan gowes sambil mendonasikan denyut jantung lewat event Indonesia Heart Bike 2022 yang digelar Yayasan Jantung Indonesia dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) dalam rangka memperingati Hari Jantung Sedunia tanggal 29 September mendatang. Nantinya, donasi Anda akan digunakan untuk kegiatan penyuluhan kepada masyarakat serta bantuan intervensi, rehabilitasi, dan deteksi dini pada anak-anak dengan Penyakit Jantung Bawaan (PJB) dari keluarga pra sejahtera.

Sebelumnya, event Indonesia Heart Bike 2022 sudah diselenggarakan di 3 kota yakni, Makassar, Denpasar, Malang pada 18 September kemarin. Selanjutnya, acara ini akan digelar di 5 kota lainnya antara lain, Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya pada 25 September 2022.

Untuk event di Jakarta, Anda akan melewati rute akan sepanjang 25 km dengan garis start dan finish di Gedung Trans TV. Adapun Rute Indonesia Heartbike 2022 DKI Jakarta meliputi Start Gedung Trans TV, Flyover Tendean, Jl.Wolter Monginsidi, Jl. Gunawarman, Jl. Patimura, Bundaran Senayan, Jl. Hang lekir, Jl. Asia Afrika, Jl. Gerbang Pemuda TVRI, Flyover Senayan, Gatot Subroto, HR Rasuna Said, Flyover Kuningan, Jl Sumenep, Jl Cimahi, HR Rasuna Said, Tendean, Gedung Trans TV.

Pendaftaran kegiatan ini dibuka dari tanggal 22 Agustus 2022 sampai dengan 2 Oktober 2022. Adapun periode bersepeda berlangsung sepanjang 3 September-2 Oktober 2022. Anda juga bisa mengikuti kegiatan Indonesia Heart Bike 2022 secara virtual. Caranya mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi GERAK di Play Store atau App Store. Selanjutnya, Anda bisa bersepeda di dekat tempat tinggal atau di mana saja. Perhitungan denyut jantung selama bersepeda juga akan dikonversi menjadi nominal rupiah untuk donasi.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk sehatkan jantung dengan bersepeda sambil donasikan denyut jantung Anda. Pendaftaran bisa dilakukan di sini..

Sebagai informasi, Indonesia Heart Bike 2022 juga didukung oleh NOC Indonesia, Milugo Indonesia, PT Omron Healthcare Indonesia, Blibli, Sariwangi, detikcom, Trans TV, hemaviton Cardio, Tropicana Slim serta Le Minerale sebagai Official Mineral Water. Dalam kegiatan ini, Anda dapat berdonasi lewat denyut jantung saat bersepeda.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT