ADVERTISEMENT

Kamis, 22 Sep 2022 18:30 WIB

5 Makanan Pembersih Rahim, Bikin Haid Lancar dan Cepat Hamil

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi Rahim Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Rahim merupakan pusat reproduksi wanita yang perlu dijaga dan dirawat dengan baik. Ada beberapa alasan mengapa seseorang perlu membersihkan rahim.

Misalnya seperti untuk mempersiapkan pembuahan, mengurangi aliran darah atau membersihkan rahim selama periode menstruasi, hingga membersihkan rahim setelah keguguran.

Pembersihan rahim ini bisa dilakukan secara alami. Misalnya seperti mengkonsumsi makanan pembersih rahim hingga pembedahan melalui prosedur yang dikenal sebagai 'scooping'.

Dalam prosedur ini, serviks dilebarkan dengan menggunakan zat medis yang berfungsi untuk mengendurkan dan membuatnya lebih mudah mengembang. Kemudian, sebuah tabung dimasukkan ke dalam rahim untuk mengalirkan rahim dan membersihkan sisa isinya.

Prosedur ini mengharuskan pasien dibius dan memiliki risiko, salah satunya perdarahan. Itu bisa menyebabkan infeksi atau kelahiran prematur. Maka dari itu, dianjurkan untuk membersihkan rahim dengan metode yang alami agar tidak ada komplikasi.

Dikutip dari laman Blend of Bites, ini 5 makanan pembersih rahim yang bisa dicoba di rumah.

Makanan Pembersih Rahim

1. Jahe

Jahe mengandung antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Mereka mendorong aliran darah dalam tubuh dan memastikan aliran darah berjalan dengan baik ke rahim.

Jahe ini bekerja dalam darah untuk membersihkan tubuh dan meningkatkan sirkulasi. Ini juga bisa membuat seseorang menghasilkan keringat yang baik untuk menghilangkan racun dari tubuh.

Ini juga sangat bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh. Hati adalah pusat pembersihan dan detoksifikasi dalam tubuh dan jahe berkontribusi untuk ini dengan sifat antioksidan yang sangat baik. Semua manfaat ini dan banyak lagi menjadikannya makanan yang direkomendasikan untuk membersihkan rahim.

2. Raspberry

Buah merah ini mengandung mineral seperti vitamin C dan K, zat besi, mangan, fosfor, dan kalium. Buah ini juga mengandung sejumlah besar serat dan antioksidan seperti vitamin C.

Raspberry mengandung asam fluorat yang membuat aliran menstruasi lebih mudah dan meningkatkan sirkulasi darah yang lebih baik dalam tubuh. Buah ini juga termasuk makanan yang baik untuk membersihkan rahim.

Buah ini bisa membantu membersihkan sisa-sia yang tidak diinginkan dari rahim dan mengencangkan lapisan otot rahim. Raspberry memiliki manfaat lain seperti mengurangi kadar gula dalam darah.

3. Telur

Telur mengandung banyak asam lemak omega-3 dan banyak protein sempurna yang membuat rahim sehat. Telur juga memiliki sifat antioksidan yang tinggi dan asam amino yang baik untuk kandungan.

Makanan satu ini memastikan fungsi tubuh normal dengan membantu menghilangkan racun di tubuh. Telur juga mengandung kolin yang berfungsi untuk membantu darah mengalir ke rahim dengan baik.

Ini juga membuat rahim sehat dan memastikan keseimbangan serta fungsi hormonal yang tepat. Kandungan pada telur juga memberikan tubuh energi yang cukup untuk menjalani pembersihan rahim.

Selain itu, telur memberikan manfaat kesehatan lainnya seperti, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan mata, dan membantu mengurangi risiko stroke.

4. Buah-buahan

Buah-buahan, terutama yang mengandung banyak vitamin C, sangat membantu untuk menjaga kesehatan rahim. Vitamin C membantu mengawasi kadar estrogen yang membuat tubuh bisa menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan untuk pembersihan rahim.

Keseimbangan hormon yang normal kadang terganggu setelah melahirkan atau aborsi, sehingga membuat fungsi rahim terganggu. Buah-buahan yang mengandung vitamin C ini yang menjadi makanan pembersih rahim terbaik.

Makan buah sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Ini juga membantu menjaga kadar hormon memastikan bahwa rahim dibersihkan dengan benar.

Beberapa buah yang bisa dikonsumsi untuk membersihkan rahim antara lain lemon, pepaya, semangka, mangga, dan buah kiwi.

5. Marigold

Marigold disebut sebagai ramuan yang sangat bagus untuk membersihkan dan menjaga rahim agar tetap sehat. Biasanya marigold ini tersedia dalam bentuk teh atau bumbu untuk berbagai makanan.

Marigold ini membantu membersihkan rahim, mengatur pendarahan saat menstruasi, dan meredakan kram. Namun, ramuan ini tidak disarankan untuk dikonsumsi saat hamil karena beberapa efek yang tidak diketahui bisa saja mengganggu perkembangan si bayi.

Tapi marigold sangat bagus jika dikonsumsi sebelum dan sesudah kehamilan. Marigold juga memberikan manfaat kesehatan lainnya seperti mencegah bisul pada kulit, mengurangi risiko kanker, dan menawarkan sifat anti-jamur.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT