ADVERTISEMENT

Jumat, 23 Sep 2022 17:33 WIB

Kemenkes Akhirnya Ungkap Sinyal Kapan PPKM Dicabut

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jakarta -

Juru bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril mengungkap kapan kemungkinan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut. Hal ini sekaligus merespons pernyataan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) soal akhir pandemi COVID-19 di depan mata.

"Kemenkes setelah bersama-sama dengan para ahli dan kementrian yang ada atau stakeholder terkait, secara PPKM kebijakan tentu saja pencabutan ini seperti yang apabila status kegawatdaruratan dicabut, di RI maka ini sebagai dasar mencabut PPKM," terang dr Syahril dalam sesi wawancara media, Jumat (23/8/2022).

Dalam kesempatan serupa, pakar epidemiologi Pandu Riono dari FKM UI kurang sependapat dengan pernyataan tersebut. Menurutnya, PPKM bisa dicabut lebih dulu sebelum status pandemi diumumkan beralih ke endemi.

Pandu merinci, rata-rata kematian akibat COVID-19 belakangan konsisten di bawah 20 orang. Total tersebut disebutnya jauh lebih rendah dibandingkan kematian akibat penyakit lain termasuk tuberkulosis (TBC).

Begitu pula dengan jumlah pasien rawat inap COVID-19. Beberapa RS 'hanya' melaporkan satu pasien atau nol kasus per hari.

"Kita harus optimis, kita bisa lebih dulu mencabut PPKM. Mungkin akhir bulan ini atau awal bulan depan lah," sebut Pandu.

"PPKM duluan dicabut, lalu WHO menyatakan pandemi berakhir," sambung dia.

(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT