Wajib Coba! 8 Makanan ini Bantu Detoks Ginjal, Hempaskan Racun dari Tubuh

ADVERTISEMENT

Wajib Coba! 8 Makanan ini Bantu Detoks Ginjal, Hempaskan Racun dari Tubuh

Nurul Febian Danari - detikHealth
Jumat, 30 Sep 2022 14:31 WIB
Closeup on young housewife putting money into piggy bank after shopping on local market
Ilustrasi makanan. Foto: Getty Images/iStockphoto/CentralITAlliance
Jakarta -

Ginjal merupakan organ yang disebut-sebut mirip kacang merah berukuran 10-15 cm dan memiliki berat sekitar 160 gram. Ginjal berperan penting dalam tubuh untuk menyaring darah dari kotoran dan racun serta mengubah limbah dalam tubuh menjadi urin.

Kedua ginjal mampu menyaring sekitar 200 liter cairan selama 24 jam. Namun, ketika ginjal tidak bekerja dengan baik, racun berbahaya dan kelebihan cairan yang menumpuk dalam tubuh berisiko gejala gagal ginjal.

Gejala-gejala tersebut mencakup tekanan darah tinggi, kelelahan, sakit kepala terus-menerus, pembengkakan di wajah dan kaki, retensi cairan dan nyeri punggung bawah.

Untuk mengembalikan kinerja ginjal lebih maksimal, memperhatikan asupan makanan dapat membantu.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut makanan-makanan yang dapat membantu membersihkan ginjal agar dapat bekerja dengan maksimal:

1. Air

Minum air putih guna mencukupi cairan harian yang dibutuhkan oleh tubuh dapat membantu ginjal bekerja dengan baik. Air penting untuk mencerna makanan, menyerap nutrisi, membuang limbah dan racun, menjaga kesehatan kulit, dan beberapa manfaat lainnya. Mengonsumsi air dapat membantu mencegah masalah ginjal, seperti batu ginjal.

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease (NIDDK), para ahli kesehatan menganjurkan untuk minum 6 sampai 8 gelas sehari.

2. Jus Buah

Jus lemon, jeruk, dan melon mengandung asam sitrat. Sitrat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengikat kalsium dalma urin. Ini menghambat pertumbuhan kristal kalsium yang menyebabkan batu ginjal.

3. Anggur

Anggur dan beberapa buah beri mengandung senyawa resveratol yang dipercaya mampu menurunkan peradangan ginjal.

4. Apel

Apel merupakan sumber serat yang baik. Serat pada apel mampu mengikat dan mengeluarkan racum dari saluran pencernaan seelum tubuh dapat menyerapnya sehingga beban ginjal berkurang.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau kaya akan vitamin C, folat, serta, vitamik K, dan banyak vitonutrien lain yang dapat mengurangi stres pada ginjal, mengurangi tekanan darah, menyeimbangkan gula darah, dan mengurangi peradangan.

6. Brokoli dan Kembang Kol

Brokoli dan kembang kol kaya akan vitamin C, folat, serat, dan kaya akan senyawa anti inflamasi. Makanan ini baik untuk ginjal, namun harus dihindari ketika ginjal benar-benar bermasalah atau menderita asam urat.

7. Paprika Merah

Paprika mengandung vitamin C, folat, vitamin B6, dan serat dalam jumlah yang baik. Vitamin C merupakan antioksidan yang berperan di seluruh tubuh dalam produksi energi, aliran darah, da metabolisme.

Folat dan B6 berkontribusi pada pembentukan sel darah merah. Paprika merah juga mengandung likopen, antioksidan kuat yang menjaga kesehatan ginjal dan mencegah gagal ginjal.

8. Jahe

Jahe terbukti melindungi ginjal dari kerusakan yang disebabkan oleh diabetes, alkohol, dan dehidrasi.



Simak Video "Seputar Temuan Virus Mirip Covid-19 pada Kelelawar di China Selatan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT