Dapat EUA dari BPOM, Vaksin Indovac dan AWcorna Halal!

ADVERTISEMENT

Dapat EUA dari BPOM, Vaksin Indovac dan AWcorna Halal!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 30 Sep 2022 14:49 WIB
Kota Surabaya Genjot Cakupan Vaksinasi Booster
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Foto: Esti Widiyana)
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) resmi menerbitkan Emergency Use Authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat untuk vaksin COVID-19 Indovac dan vaksin AWcorna pada tanggal 24 September 2022.

Adapun vaksin Indovac merupakan vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine, USA. Sementara vaksin AWcorna dengan platform mRNA ini didaftarkan oleh PT Etana Biotechnologies Indonesia (PT Etana) dan dikembangkan oleh Abogen-Yuxi Walvax, China.

Adapun kedua vaksin tersebut juga sudah mendapatkan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk. Karenanya masyarakat Indonesia tak perlu mengkhawatirkan kehalalan dari kedua vaksin tersebut.

"Kedua vaksin tersebut juga sudah mendapatkan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)," ujar Kepala BPOM RI, Penny K Lukito saat memberikan keterangan pers pada hari Jumat (30/09/2022).

Lebih lanjut, BPOM juga mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya kunci dalam memutus rantai penyebaran COVID-19.



Simak Video "Vaksin IndoVac Akan Digunakan untuk Bantu Penanganan Pandemi di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT