Inkontinensia Urin Terjadi Saat Perempuan Menopause

ADVERTISEMENT

Inkontinensia Urin Terjadi Saat Perempuan Menopause

Sponsored - detikHealth
Senin, 03 Okt 2022 11:09 WIB
Confidence
Foto: Confidence
Jakarta -

Kejadian Inkontinensia urin pada perempuan menopause terjadi terutama karena kelemahan dari otot dasar pelvis. Di samping itu juga dipengaruhi oleh perubahan fungsi dan struktur dari kandung kemih dan uretra.

Menurut penelitian, proses ini diakibatkan karena adanya penuaan dari ovarium sehingga terjadi penurunan produksi estrogen. Estrogen melalui reseptor α dan β mempengaruhi uretra dan kandung kemih. Penurunannya mengakibatkan uretra menjadi kaku dan tidak elastis. Sehingga sukar untuk menutup dengan sempurna.

Menurut Tanya Confidence, wanita yang memasuki usia pasca menopause yaitu usia 40 tahun atau lebih sering ditandai dengan tidak mampu menahan kencing atau mengalami gejala inkontinensia urin.

Jumlah wanita pascamenopause di Indonesia saat ini 7,45% dari total penduduk dan pada tahun 2020 diperkirakan jumlah tersebut akan meningkat menjadi 11,54%. Gejala menopause terjadi penurunan hormon estrogen, sehingga menimbulkan sindrom perimenopause yang membuat stres bagi wanita.

Tanda yang paling umum adalah berhenti menstruasi selama 12 bulan berturut-turut. Selain itu, gangguan tidur atau insomnia sering terjadi pada wanita pramenstruasi. Wanita pramenstruasi juga mengalami gangguan berkemih, termasuk inkontinensia urin.

Hasil dari National Women's Health Study di Amerika Serikat menunjukkan bahwa menopause berhubungan dengan stres psikologis, hingga 28,9% dari waktu, stres pada awal perimenopause, 20,9% pada perimenopause, dan 22% hidup setelah menopause. masa menopause.

Brand Group Manager Confidence, Amelia Christine menyebut jika wanita memiliki pengetahuan perihal premenopause maka akan lebih percaya diri hingga dapat memahami cara menangani masalah yang timbul saat terjadi perubahan tersebut.

"Jika tidak mengetahui pengetahuan tersebut, maka bisa berdampak pada kurangnya kesiapan dan kepercayaan diri menghadapi premenopause yang akhirnya bisa menyebabkan stress," ujar Amelia Christine dalam keterangannya, (3/01/2022).

Pada awal menopause, wanita sering merasa tua, kritis terhadap diri sendiri dan menganggap diri mereka lemah dan tidak berarti, merasa dikucilkan dan ditinggalkan dalam kehidupan sosial mereka. Hal ini akan menyebabkan stres pada wanita. Self-efficacy berperan sebagai mekanisme kognitif untuk mengontrol individu dalam menghadapi tekanan.

Wanita yang memasuki masa menopause lebih rentan terhadap inkontinensia urin. Penurunan hormon estrogen dalam tubuh wanita dapat menyebabkan otot menjadi rileks, terutama di area kandung kemih.

Dilansir dari Medical News Today, Penurunan kadar estrogen yang terjadi pada tubuh wanita meningkatkan risiko infeksi saluran kemih pada wanita. Infeksi saluran kemih yang tidak diobati atau cukup serius juga dapat menyebabkan inkontinensia urin.

Melihat kasus tersebut, selain melakukan pengobatan ke dokter perlu sekali mengatasi dengan memilih popok dewasa dengan kualitas baik.

Confidence tipe perekat memiliki tiga varian cocok digunakan untuk lansia dengan kondisi tirah baring. Confidence Classic Day mempunyai penyerapan maksimal sehingga permukaannya cepat kering dan nyaman di siang hari.

Confidence Classic Night memiliki daya tampung maksimal, pelindung samping antibocor dan mengandung ekstrak aloe vera agar cegah iritasi sehingga nyenyak semalaman.

Confidence Premium Night berbahan clothlike yang selembut kain, mengandung ekstra aloe vera serta daya serap hingga 6x membuat lansia nyenyak semalaman," jelasnya.

Sedangkan untuk lansia yang masih aktif, berikan Confidence tipe celana yang daya tampungnya hingga 6x daya serap, berbahan lycra yang mengikuti bentuk tubuh dan pas di badan, serta dilengkapi SAP antibacteria yang mencegah timbulnya bakteri sehingga aman untuk kulit lansia.

Amelia menambahkan Confidence memiliki standar kualitas yang baik untuk seluruh jenis produknya.

"Sesuai namanya juga, kami ingin lansia yang menggunakan produk kami menjadi berani lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas, hobi atau bakatnya sehari-hari. Bagi Caring People yang ingin tahu seputar cara merawat lansia serta promo dan event menarik dari Confidence, kunjungi website www.tanyaconfidence.com atau Instagram dan Facebook @ConfidenceAdultCare," tutupnya.

(Content Promotion/Confidence)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT