Heboh Mie Sedaap Ditarik di Hong Kong-Singapura, Wings Group Buka Suara

ADVERTISEMENT

Heboh Mie Sedaap Ditarik di Hong Kong-Singapura, Wings Group Buka Suara

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 07 Okt 2022 12:01 WIB
a bowl of noodles
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Supersmario)
Jakarta -

Badan Pangan Singapura (SFA) menarik produk Mie Sedaap Korean Spicy Soup dan Mie Sedaap Korean Spicy Chicken dari peredaran lantaran ditemukan kandungan pestisida, Etilen Oksida (EtO). Ini merupakan penarikan yang terjadi untuk kedua kalinya setelah dilakukan di Hong Kong belum lama ini.

"Etilen oksida adalah pestisida yang tidak diizinkan untuk digunakan dalam makanan," terang pihak SFA seperti dikutip dari CNA, Kamis (6/10/2022).

"Di bawah Peraturan Makanan Singapura, etilen oksida diizinkan untuk digunakan dalam sterilisasi rempah-rempah. Batas Maksimum Residu (MRL) etilen oksida dalam rempah-rempah tidak boleh melebihi 50 mg/kg," sambungnya.

Terkait hal itu, Wings Group Indonesia selaku perusahaan induk dari Mie Sedaap membantah produk mi instannya menggunakan etilen oksida atau pestisida yang digunakan untuk fumigasi.

"Mie Sedaap memastikan tidak ada penggunaan etilen oksida (EtO) dan telah memenuhi standar keamanan pangan sehingga aman untuk dikonsumsi," ujar Head of Corporate Communications & CSR WINGS Group Indonesia Sheila Kansil, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (6/10).

Pihak Wings Group juga menyinggung klarifikasi BPOM tertanggal 29 September 2022 yang menyebut produk Mie Sedaap yang beredar di Indonesia memenuhi persyaratan. Juga, Mie Sedaap memenuhi standar keamanan pangan yang berlaku, seperti:

  • Izin Badan Pengawas Obat & Makanan Republik Indonesia
  • Sertifikat Halal (MUI)
  • Sertifikasi ISO 22000 mengenai Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan
  • Sertifikasi ISO 9001 mengenai Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu

"Produk Mie Sedaap juga telah dinikmati oleh konsumen di lebih dari 30 negara selama belasan tahun terakhir dan telah memenuhi standar wajib ekspor, termasuk kandungan, pengemasan, hingga pelabelan produk. Upaya untuk tunduk pada peraturan yang berlaku ini merupakan komitmen Mie Sedaap yang sudah diproduksi dan beredar hampir 20 tahun di Indonesia," tulis keterangan.



Simak Video "Tambah Lagi, Kini Ada 6 Varian Mie Sedaap yang Ditarik SFA"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT