Heboh di Twitter, Buat Apa Dokter Kepo Aktivitas Seks Pasien? Ini Kata dr Boyke

ADVERTISEMENT

Heboh di Twitter, Buat Apa Dokter Kepo Aktivitas Seks Pasien? Ini Kata dr Boyke

Vidya Pinandhita - detikHealth
Sabtu, 08 Okt 2022 07:31 WIB
dr Boyke
Penjelasan dr Boyke perihal perlu atau tidak dokter mengetahui status pernikahan dan keaktifan seksual pasien. Foto: Khairunnisa Adinda Kinanti
Jakarta -

Belakangan, linimasa Twitter diramaikan perdebatan terkait perlu atau tidak dokter menanyakan status pernikahan pasien. Sejumlah warganet beranggapan, perihal sudah atau belum menikah ada hal privasi dan tak perlu ditanyakan. Namun ada juga yang menjelaskan, status pernikahan berkaitan dengan keaktifan seks pasien yang harus diketahui dokter untuk diagnosis dan tindak lanjut.

Menanggapi kisruh tersebut, pakar seks dr Boyke Dian Nugraha, SpOG meluruskan, perlu atau tidaknya pertanyaan terkait status pernikahan pasien sebenarnya tergantung tujuan. Namun apa pun status pernikahan pasien, adalah tanggung jawab dokter untuk memberikan pertolongan.

"(Tujuan dokter menanyakan status pernikahan pasien) tergantung komunikasi dengan pasiennya. Kalau dia minta kondom atau alat kontrasepsi, tujuannya untuk apa? Untuk mencegah kehamilan atau mencegah Infeksi Menular Seksual (IMS), biasanya kita berikan tanpa harus menanyakan status perkawinan," ungkapnya pada detikcom, Jumat (7/10/2022).

"Yang jelas, tujuan pasien baik dan minta pertolongan kita. Kita sebagai dokter wajib menolong. Sesuai sumpah kita sebagai dokter," imbuh dr Boyke.

Kenapa Dokter Harus Tahu Pasien Aktif Seksual atau Tidak?

Menurut dr Boyke, status pernikahan pasien merupakan hal privasi. Ia lebih memilih untuk tidak menanyakan pasien sudah atau belum menikah. Pada beberapa kasus, pasien sendiri yang menceritakan kondisi status pernikahannya.

Namun memang terkait keaktifan seks pasien, terdapat perbedaan tindakan untuk wanita yang sudah dan belum berhubungan seksual. Misalnya penggunaan alat pemeriksaan cocor bebek, hanya digunakan pada wanita yang sudah pernah berhubungan seks.

"(Pasien ditanya dulu sudah pernah melakukan hubungan seks atau belum. Jika sudah, bisa menggunakan alat cocor bebek ke dalam miss v," pungkas dr Boyke.



Simak Video "Alasan Harus Berhenti Ikutan Fenomena FWB Menurut dr Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)
Obgyn Vs Status Nikah
Obgyn Vs Status Nikah
11 Konten
Pernah periksa di obgyn, lalu merasa tidak nyaman karena ditanya status pernikahan? Dokter cuma ingin tahu riwayat kesehatan reproduksi sih, tapi memang banyak yang nggak nyaman ternyata.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT