Penyebab Jantung Janin Tak Berdetak, Dialami Via Vallen di Masa Kehamilan

ADVERTISEMENT

Penyebab Jantung Janin Tak Berdetak, Dialami Via Vallen di Masa Kehamilan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Minggu, 09 Okt 2022 08:36 WIB
Pernikahan Via Vallen dan Chevra Yolandi
Foto: Instagram @viavallen @chevra_yo88 @yos_dandy @moirephoto
Jakarta -

Via Vallen mengabarkan kehamilannya yang sudah memasuki usia 8 minggu. Namun kabar itu diiringi curhatan pilu karena jantung janin yang ada di kandungannya tidak berdetak.

"Ami masih berharap nanti detak jantungmu terdeteksi, kamu gerak dan bisa berkembang lagi. Tapi sampai hari ke-7 ini, Ami udah coba USG fetomaternal dan hasilnya sama. Rahim Ami masih sunyi. Maafin Ami nak, Ami mau nunggu kamu," tulis Via Vallen di akun Instagram pribadinya.

Via Vallen masih menyimpan harapan anaknya bisa bertahan. Sehingga di pemeriksaan selanjutnya detak jantung itu akan terdengar.

Dikutip dari Very Well Mind, ada beberapa kemungkinan tidak adanya detak jantung pada janin saat pemeriksaaan USG. Jika usia kehamilan kurang dari tujuh minggu, detak jantung mungkin belum bisa dideteksi dengan USG.

Detak jantung janin bisa tidak terdengar karena banyak faktor di antaranya karena perubahan posisi janin, sensitifitas alat periksa yang minim, hingga gangguan janin.

USG transvaginal disarankan untuk mendeteksi detak jantung bayi disaat usia kandungan sudah lebih 7 minggu. Jika sudah melewati tujuh minggu kehamilan namun tidak ada detak jantung bayi, bisa jadi hal tersebut merupakan tanda keguguran.

Namun ada banyak pengecualian untuk aturan "detak jantung tujuh minggu". Biasanya dalam periode ini, dokter akan merekomendasikan ibu hamil untuk menunggu beberapa hari sebelum dilakukan pemeriksaan ulang.



Simak Video "Apakah Janin Ikut Tertular Jika Ibu Hamil Positif Corona?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT