BPOM Buat Pedoman Risiko Etilen Oksida Usai Mie Sedaap 'Diawasi' 3 Negara

ADVERTISEMENT

BPOM Buat Pedoman Risiko Etilen Oksida Usai Mie Sedaap 'Diawasi' 3 Negara

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 12 Okt 2022 12:20 WIB
Jakarta -

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) buka suara terkait temuan etilen oksida pada produk mi instan asal Indonesia, yakni Mie Sedaap varian tertentu. Menanggapi ini, pihak BPOM tengah melakukan pengujian pada produk tersebut untuk memastikan keamanannya.

"Saat ini, BPOM berproses melakukan sampling dan pengujian serta kajian untuk menindaklanjuti emerging issue tersebut, dalam rangka perlindungan masyarakat," ungkap BPOM melalui keterangan yang diterima detikcom, Selasa (11/10/2022).

Dikutip dari situs resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, etilen oksida (EtO) merupakan jenis gas tidak berwarna yang mudah terbakar dan berbau manis.

Umumnya, etilen oksida atau EtO digunakan untuk pembuatan etilen glikol (antibeku), tekstil, detergen, pelarut, atau produk lainnya. Selain itu, etilen oksida dengan jumlah relatif kecil biasa digunakan sebagai fumigan, untuk sterilisasi makanan dan kosmetik.

Meski aturan kadar EtO dalam pangan belum diatur Codex Alimentarius Commission (CAC) atau Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menjadi acuan di Indonesia, tetapi BPOM tengah memproses acuan EtO bersama pakar.

"Saat ini telah berproses kajian pengaturan EtO dengan pakar dan disepakati, untuk membuat Pedoman Mitigasi Risiko Senyawa Etilen Oksida dalam Pangan Olahan," lanjut BPOM.

BPOM memastikan bahwa produk mi instan yang beredar di Indonesia saat ini masih aman dikonsumsi. Namun, pihaknya tetap akan memantau dan mengawasi produk pangan yang beredar di masyarakat.

"Sepanjang memiliki izin edar, maka produk mi instan yang beredar di Indonesia aman dikonsumsi masyarakat, karena BPOM telah melakukan evaluasi terhadap aspek keamanan dan mutu untuk perlindungan terhadap kesehatan masyarakat," pungkasnya.

Seperti yang diketahui, beberapa varian Mie Sedaap ditarik dari pasaran dan menjadi sorotan di tiga negara yakni Hong Kong, Singapura, dan Malaysia. Di Singapura, sudah ada 6 produk yang ditarik, yaitu:

  • Mie Sedaap Korean Spicy Soup
  • Mie Sedaap Korean Spicy Chicken
  • Mie Sedaap Soto
  • Mie Sedaap Kari Ayam
  • Instant Cup Mie Sedaap Kari Spesial
  • Instant Cup Mie Sedaap Korean Spicy Chicken
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT