Sederet Manfaat Sikat Gigi Elektrik, Lebih Efektif Bersihkan Plak

ADVERTISEMENT

Sederet Manfaat Sikat Gigi Elektrik, Lebih Efektif Bersihkan Plak

Nurul Febian Danari - detikHealth
Rabu, 12 Okt 2022 14:45 WIB
Toothbrushes on sink
Foto: Getty Images
Jakarta -

Menyikat gigi adalah langkah untuk perawatan menjaga gigi dan mulut agar tetap bersih dan sehat. Menurut American Dental Associantion (ADA), menyikat gigi efektif menghilangkan plak mulut yang menyebabkan pembusukan dan penyakit.

Tak hanya secara manual, sikat gigi elektrik juga menjadi pilihan sebagian orang untuk kebutuhan perawatan gigi sehari-hari. Meskipun harganya lebih mahal dibanding manual, sikat gigi elektrik memiliki beberapa manfaat yang lebih baik untuk kesehatan gigi dan mulut.

Sikat gigi elektrik bekerja menggunakan daya listrik dan bulunya bergerak secara otomatis. Hal ini membuat sikat gigi elektrik lebih praktis dalam membersihkan kotoran yang ada di sela-sela gigi.

Berikut sederet manfaat sikat gigi elektrik.

1. Lebih efektif hilangkan plak

Dr Carter mengatakan bahwa sikat gigi elektrik lebih efektif untuk menghilangkan plak.

"Sikat gigi elektrik, terutama yang memiliki kepala yang berputar ke dua arah, atau kepala yang 'berayun', sangat efektif untuk menghilangkan plak. Ini membantu mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi," kata Dr Carter.

Salah satu sikat gigi elektrik yang bisa dijadikan pilihan adalah Philips Sonicare 3100. Menggunakan teknologi sonic, sikat gigi elektrik ini mengklaim bisa menghilangkan plak hingga 3 kali lebih banyak dibandingkan sikat gigi manual.

"Teknologi Sonic dengan 31 ribu sapuan lembut per menit membersihkan gigi, memecah plak dan menyapunya untuk pembersihan luar biasa," kaa Pim Preesman, Presiden Direktur Philips Indonesia.

2. Lebih mudah untuk orang dengan mobilitas terbatas

Dikutip dari Healthline, menyikat gigi dengan sikat elektrik sangat memudahkan untuk orang yang memiliki keterbatasan mobilitas, seperti radang sendi, developmental disabilities atau gangguan kognitif dan fisik, serta carpal tunnel syndrome (CTS) atau sindrom yang menimbulkan mati rasa, kesemutan, nyeri, dan lemah di tangan dan pergelangan tangan.

3. Mengurangi limbah

Penggunaan sikat gigi elektrik hanya perlu mengganti kepala sikat gigi, sedangkan sikat gigi manual lebih boros dan harus diganti secara penuh dalam waktu tertentu, sehingga menumpuk banyak limbah sikat gigi.

4. Lebih fokus menyikat gigi

Dr Carter mengatakan bahwa menyikat gigi harus dua menit, dua kali sehari, dengan pasta gigi berflouride.

Satu studi mengungkapkan bahwa orang akan lebih fokus ketika menggunakan sikat gigi elektrik. Hal ini dapat membantu menyikat gigi secara keseluruhan.

5. Meningkatkan kesehatan mulut bagi pengguna ortodentik

Studi mengungkapkan bahwa sikat gigi elektrik sangat membantu bagi pengguna peralatan ortodentik seperti kawat gigi, karena dapat menyikat gigi dengan lebih mudah.

6. Menurunkan risiko kerusakan gigi dan gusi

Sebuah temuan dari Journal of Clinical Periodontology menemukan bahwa sikat gigi elektrik menghasilkan 22 persen lebih sedikit resesi gusi dan 18 persen lebih sedikit kerusakan gigi selama periode 11 tahun.



Simak Video "Cara Kerja Mesin Suction Gigi GL Dexin+ yang Diklaim Cegah Penyebaran Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT