e-Life: Awas Kanker Otak, Kenali Gejalanya

ADVERTISEMENT

e-Life: Awas Kanker Otak, Kenali Gejalanya

Ayunda Septiani - detikHealth
Jumat, 14 Okt 2022 12:48 WIB
Jakarta -

Kanker otak merupakan pertumbuhan sel-sel abnormal yang bersifat ganas pada otak. Kanker otak dapat berupa kanker otak primer yang berasal dari sel otak sendiri, maupun kanker otak sekunder yang berasal dari penyebaran kanker di bagian tubuh lain (metastasis).

Sebagian besar kanker otak disebabkan oleh kanker yang dimulai dari bagian tubuh lain dan menyebar pada bagian otak melalui pembuluh darah (metastasis). Kanker yang dapat menyebar ke otak meliputi kanker paru, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker kulit tipe melanoma.

Seorang anak bernama Anugerah Putra Pratama, yang berumur 14 tahun didiagnosa mengidap kanker otak kecil pada tahun 2019. Putra menjalani hari-harinya bersama neneknya, Sumiyati semenjak Ia berusia tiga bulan, tepatnya di Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa tengah.

Saat ini berbuatbaik.id kini terus memantau perkembangan kesehatan dari Putra. Putra tentunya masih membutuhkan bantuan sahabat baik untuk menyembuhkan penyakitnya. Jangan biarkan Putra dan keluarganya berjuang sendiri, kamu bisa mendukungnya dengan donasi sekarang juga. Kabar baiknya, semua donasi yang diberikan seluruhnya akan sampai ke penerima 100% tanpa ada potongan.

Untuk mengetahui lebih jauh penyebab kanker otak, dan bagaimana diagnosis awalnya, e-Life kali ini akan mengulas dengan mengangkat judul "Awas Kanker Otak, Kenali Gejalanya" bersama dengan Spesialis Bedah Saraf dari RS Sardjito, dr. Handoyo Pramusinto, Sp.BS (K) dan pasien bernama Anugerah Putra Pratama.

Jangan lewatkan tayangannya, Jumat (14/10/2022) pukul 19.00 WIB, LIVE hanya di detikcom.

(ayd/mjt)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT