Batasi Penggunaan Gadget Anak Anda agar Kesehatan Terjaga

ADVERTISEMENT

Batasi Penggunaan Gadget Anak Anda agar Kesehatan Terjaga

Sponsored - detikHealth
Senin, 17 Okt 2022 08:05 WIB
Ilustrasi Anak Main Gadget
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Dulu, tidak pernah semudah ini kita mendapatkan hiburan, informasi dan yang pasti kita selalu terhubung dengan teman-teman kita.

Namun sekarang, film favorit, musik, media sosial, dan berita terbaru telah tersedia di telapak tangan 24 jam sehari 7 hari seminggu. Sementara kita menikmati kenyamanan ini, anak-anak ternyata juga menikmatinya. Sayangnya mereka mendapatkan akses yang terlalu banyak, sebenarnya.

Anak-anak mendapatkan smartphone di usia yang lebih muda, juga memiliki akses ke TV, tablet, video game, dan teknologi lainnya di rumah. Mereka mendapatkan lebih banyak waktu di depan layar daripada generasi sebelumnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) melaporkan jumlah waktu rata-rata anak-anak di depan layar gadget berdasarkan kelompok usia. Adapun usia 8-10 tahun menghabiskan waktu 6 jam, 11-14 tahun menghabiskan waktu 9 jam, sementara 15-18 tahun menghabiskan waktu 7,5 jam. Dan angka-angka ini bahkan tidak termasuk waktu yang dihabiskan anak-anak di depan layar untuk tugas sekolah mereka.

Ilustrasi Anak Main GadgetFoto: Shutterstock

Penting bagi orang tua untuk menyadari dampak terlalu banyak waktu di depan layar terhadap kesehatan anak-anak mereka, serta kemampuan mereka untuk mengembangkan hubungan yang sehat dengan teman dan keluarga.

Studi menunjukkan hubungan antara waktu layar yang berlebihan dan berbagai masalah kesehatan fisik dan mental pada anak-anak, seperti obesitas , depresi, masalah perilaku, dan kecemasan. Hal itu juga menghalangi mereka untuk mendapatkan jumlah tidur yang ideal setiap malam, yang merugikan mereka secara fisik dan berdampak pada kinerja mereka di kelas. Bahkan, kondisi ini juga berdampak pada perkembangan kemampuan sosial mereka.

Ketidaksabaran dalam interaksi dunia nyata adalah salah satu akibat terbesar dari terlalu lama di depan gadget. Anda tidak harus sabar dengan layar digital. Tetapi, Anda memang membutuhkan kesabaran saat berbicara dengan seseorang secara langsung. Jadi, penting bagi anak-anak untuk belajar menunggu, mendengarkan, dan merespons.

Pasalnya, ini tidak hanya membantu mereka saat berkomunikasi dengan anak lain, tetapi juga saat bermain bersama karena bergantian dengan mainan sangat penting. Semua ini meletakkan dasar untuk mengembangkan hubungan dan persahabatan yang sehat saat mereka tumbuh dewasa.

Tetapi dengan perangkat elektronik yang begitu mendarah daging ke dalam budaya kita, bagaimana seharusnya orang tua menetapkan batasan untuk anak-anak mereka? Dokter anak umumnya merekomendasikan pedoman berikut.

● Usia di bawah 2 tahun tidak boleh sama sekali, kecuali untuk panggilan video dengan keluarga atau teman.

● Usia 2-5 tahun tidak lebih dari satu jam per hari menonton bersama dengan orang tua atau saudara kandung

● Usia 5-17 tahun umumnya tidak lebih dari dua jam per hari, kecuali untuk pekerjaan rumah

Langkah proaktif lain yang harus dilakukan orang tua meliputi:

1. Kamar Tidur dan Perangkat Digital

Seharusnya tidak ada TV dan komputer di kamar tidur, dan anak-anak umumnya tidak boleh melihat layar selama dua jam sebelum tidur. Pasalnya, cahaya biru layar dapat mencegah otak mengetahui kapan waktunya bersiap-siap untuk tidur. Alih-alih menonton TV sebelum tidur, anak-anak sebaiknya melakukan aktivitas lain, seperti membaca.

2. Isi Waktu Luang

Jika Anda perlu mengurangi waktu layar anak Anda, jangan biarkan mereka mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan waktu luang itu. Ganti dengan sesuatu yang positif, seperti olahraga luar ruangan atau aktivitas lainnya.

Namun selain menetapkan batas waktu layar, orang tua perlu fokus pada interaksi tatap muka dengan anak-anak mereka. Dan jangan lupa, apakah Anda seorang anak lebih muda atau lebih tua, interaksi dengan sesama manusia memberikan manfaat yang tidak dapat digantikan oleh layar gadget.

Ilustrasi Anak Main GadgetPromo dari Optik Melawai. (Dok. Optik Melawai)

Selain itu, tentu saja anak Anda juga perlu mengecek kesehatan mata secara berkala. Jika ada masalah silinder, minus, plus dan gangguan lainnya, perlu dibantu dengan kacamata dan lensa berkualitas agar tidak semakin memburuk. Semua kebutuhan tentang kacamata dan lensa bisa Anda dapatkan di pusat kacamata legendaris yang sudah sangat terkenal, yakni Optik Melawai.

Dapatkan penawaran menarik Beli Frame + Lensa dapat Voucher up to 40% untuk pembelian selanjutnya, atau beli Sunglasses dapat Discount 20%, dan juga masih banyak promo dan penawaran menarik lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, segera kunjungi gerai Optik Melawai terdekat di kota Anda atau kunjungi website www.optikmelawai.com dan social media Optik Melawai ya! Syarat dan Ketentuan berlaku.

(Content Promotion/Optik Melawai)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT