Sering Pusing hingga Merasa Lapar, Apakah Gejala Asam Lambung Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Sering Pusing hingga Merasa Lapar, Apakah Gejala Asam Lambung Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Senin, 17 Okt 2022 09:08 WIB
Makanan untuk cegah asam lambung
Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya mau tanya tentang keluhan yang saya alami. Saya sering pusing (seperti vertigo/ pusing masuk angin) sedikit lelah tapi disertai rasa seperti lapar. Dan agak perih di bagian lambung dok, tapi setelah makan berat seperti roti, nasi, pusing mulai hilang.

Beberapa jam kemudian kambuh lagi Dok. Kadang kalau tidak makan saya tidurkan sebentar terus hilang rasa seperti itu.

Dan ketika malam hari tidur selalu tidak nyenyak sering terbangun tengah malam. Saya juga sering sendawa, begah, kembung, rasa tidak nyaman di badan, suasana hati yang kurang baik, kadang seperti panas dalam.

Kira-kira apakah benar gejala asam lambung, Dok? Mohon penjelasan. Terima kasih.

Aulia (wanita, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Pusing merupakan gejala umum yang menyertai hampir pada semua penyakit. Tak terkecuali pada penyakit maag terutama yang disertai kembung.

Lebih dari 70 persen pasien mengeluhkan pusing. Rasa mudah lapar juga salah satu gejala maag tetapi jika kita isi dengan makanan yang banyak malah membuat perut tidak nyaman.

Ini merupakan cara tubuh kita melakukan penyembuhan dari sakitnya. Ada baiknya coba diikuti saja dengan cara sering makan tetapi dalam porsi kecil.

Jenis makanannya juga harus dipilih yang tidak bersifat iritan (pedas, asam, banyak merica) dan tidak banyak mengandung gas (nangka, durian, kol). Sebaiknya juga menghindari makanan yang mengandung glutein.

Keluhan ketika malam akan terasa lebih sering kambuh dikarenakan saat malam perut kita kosong paling lama, dan saat malam konsentrasi kita akan tertuju hanya pada rasa yg terjadi di badan kita (tidak terganggu dengan kegiatan lain), sehingga rasa perih itu akan lebih terasa.

Tidur pun menjadi tidak nyenyak, bisa jadi disebabkan karena rasa nyeri ini. Rasa kembung, sendawa, sesak, dada panas merupakan gejala lanjutan yang disebabkan oleh reflux asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Sering sekali gejala ini menjadi pencetus kecemasan dikarenakan kekhawatiran terhadap penyakit yang berat seperti serangan jantung. Jika kondisi menetap, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi dan hepatologi, untuk menegakkan diagnosis adanya penyakit lambung.

Beberapa pemeriksaan dapat dilakukan untuk mendiagnosis keluhan, pemeriksaan fisik yang disertai pemeriksaan penunjang misalnya dengan endoskopi.

dr. Andry Surandy, Sp.PD-KGEH

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi dan Hepatologi

RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/sao)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT