5 Makanan Pembersih Gigi dan Mulut, Bebas Plak dan Bau Tak Sedap

ADVERTISEMENT

5 Makanan Pembersih Gigi dan Mulut, Bebas Plak dan Bau Tak Sedap

Fadilla Namira - detikHealth
Selasa, 18 Okt 2022 05:30 WIB
Dentist wearing eyeglasses gloves and mask examining a patient teeth with a dental probe and a mirror in a clinic box with equipment in the background
Makanan pembersih gigi dan mulut (Foto: iStock)
Jakarta -

Gigi yang sehat dan bersih adalah dambaan semua orang. Kondisi ini mendorong kita untuk tampil lebih percaya diri dan murah senyum. Bila ingin memperolehnya, makanan pembersih gigi ini layak dicoba.

Fungsi utama gigi adalah mengunyah makanan menjadi halus untuk nantinya dicerna lebih mudah oleh lambung. Namun, fungsinya tersebut tidak akan maksimal bila ada perkembangan bakteri penyebab kerusakan gigi.

Apalagi, masyarakat Indonesia masih sering menyepelekan kebiasaan menggosok gigi. Akibatnya, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menyebut sebanyak 57,6 persen dari total jumlah penduduk mengidap masalah oral, seperti gigi berlubang dan gusi bengkak.

Makanan Pembersih Gigi dan Mulut

Dikutip dari University of Illinois Chicago, berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan pembersih gigi dan mulut:

1. Keju

Makanan yang berbahan dasar susu, seperti keju, sangat baik untuk kesehatan gigi karena rendah gula dan tinggi kalsium. Selain itu, makanan ini mengandung kasein dan fosfat yang berguna untuk memperkuat email gigi serta membantu menyeimbangkan pH mulut.

2. Yogurt

Seperti halnya keju, yogurt juga dapat membersihkan bakteri di rongga mulut karena kaya kalsium dan probiotik. Kedua nutrisi tersebut bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang, penyakit gigi, dan mengurangi bau mulut.

3. Kranberi

Kranberi sangat efektif dalam menghambat proses pembentukan plak. Terlebih, buah beri ini bersifat antioksidan sebab mengandung senyawa polifenol, layaknya teh.

Namun perlu diketahui, beberapa kranberi kemasan mengandung banyak gula tambahan yang justru tidak begitu baik untuk gigi. Akan lebih baik bila konsumsi saja kranberi segar.

4. Kismis

Hingga kini, masyarakat mungkin masih percaya kalau kismis bisa bikin gigi berlubang. Ternyata persepsi ini hanyalah mitos belaka.

Sebuah penelitian pada 2005 mengungkapkan bahwa kismis mempunyai zat antioksidan bernama asam oleanolic. Zat ini membawa dampak baik bagi kesehatan gigi dan mulut karena menghambat pertumbuhan dua spesies bakteri, yaitu Streptococcus Mutans yang menyebabkan gigi berlubang dan Porphyromonas Gingivalis sebagai pemicu penyakit periodontal.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dibentuk dari banyak nutrisi penting, seperti kalsium dan fosfor. Kedua nutrisi tersebut berfungsi membantu melawan bakteri penyebab kerusakan gigi dan bau mulut. Cobalah mengonsumsi kacang almond atau mete secara rutin untuk merangsang air liur dan mempertahankan kesehatan mulut serta gusi.

Seperti halnya tubuh, menjaga kebersihan gigi juga berpatokan pada makanan bergizi dan seimbang. Selain itu, disiplinkan diri menjalani anjuran dokter untuk sikat gigi sebanyak dua kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur.



Simak Video "Punya Resolusi Diet di Tahun 2023? Simak Tips Suksesnya"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT