Istri Rio Alief Drummer Noah Meninggal, Waspadai Gejala Kanker Pembuluh Darah

ADVERTISEMENT

Istri Rio Alief Drummer Noah Meninggal, Waspadai Gejala Kanker Pembuluh Darah

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 18 Okt 2022 15:15 WIB
Rio Alief NOAH dan Clerence Chyntia Audry
Clerence Chyntia dan Rio Alief (Foto: Instagram @clerence.ca)
Jakarta -

Clerence Chyntia Radhanta yang merupakan istri dari drummer NOAH, Rio Alief, meninggal dunia usai berjuang melawan kanker pembuluh darah.

Rio mengungkapkan perjuangan sang istri melawan kanker tersebut. Ia menyebut, semua upaya baik tenaga dan materi sudah dilakukan demi kesembuhan sang istri.

"Mungkin sebagian besar di sini saksi kurang lebih 8 bulan, ekstranya lagi 6 bulan kamu berjuang untuk Clerence fisik, finansial, mental, semuanya campur jadi satu. Tujuannya satu, kesembuhan Clerence," kata Rio Alief di pemakaman TPU Jombang, Tangerang Selatan, dikutip dari detikHot, Selasa (18/10/2022).

Apa Itu Kanker Pembuluh Darah?

Pada manusia, kanker pembuluh darah disebut angiosarcoma, sementara pada hewan disebut hemangiosarcoma. Dikutip dari Mayo Clinic, angiosarcoma merupakan jenis kanker langka yang terbentuk di lapisan pembuluh darah dan pembuluh getah bening. Jenis kanker ini umumnya dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, namun paling sering terjadi pada kulit di kepala dan leher.

Adapun gejalanya yang muncul bervariasi tergantung di mana letak kanker tersebut tumbuh. Apabila kanker tersebut muncul di kulit, gejala yang dirasakan berupa:

  • Area kulit yang terangkat yang terlihat seperti memar
  • Lesi seperti memar yang tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu
  • Lesi yang mungkin berdarah saat tergores atau terbentur
  • Pembengkakan pada kulit di sekitar lesi

Jika angiosarcoma terjadi di organ-organ dalam, misalnya di hati atau jantung, biasanya akan menyebabkan rasa sakit di sekitar lokasi kanker. Ciri-ciri lain dari kanker pembuluh darah di organ dalam mungkin baru akan terasa setelah kanker menyebar ke jaringan atau organ lain dalam tubuh.



Simak Video "Berikut Kebiasaan yang Dapat Memicu Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT