5 Jenis Kanker Paling Dominan di RI, Serang Payudara hingga Prostat

ADVERTISEMENT

5 Jenis Kanker Paling Dominan di RI, Serang Payudara hingga Prostat

Muhammad Rofiq - detikHealth
Rabu, 19 Okt 2022 11:01 WIB
ilustrasi kankr prostat
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes, dr Yanti Herman, MHKes mengatakan kanker menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Indonesia sendiri mencatat lima jenis kanker yang paling dominan ditemukan.

"Kanker jadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Setidaknya di 2020, terdapat 10 juta jiwa yang melayang akibat penyakit berbahaya ini. Didominasi oleh kanker payudara, paru, kolon, rektum, dan prostat," ungkap dr Yanti saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022).

Mengutip data Riskesdas 2018, dr Yanti menyebut prevalensi kanker meningkat dari 1,4 per seribu penduduk menjadi 1,8 per seribu penduduk

"Kebanyakan dari mereka datang ke fasilitas kesehatan ketika sudah di tahap lanjut, sehingga sulit diobati. Selain masyarakat yang acuh tak acuh terhadap pendeteksian dini, layanan kesehatan Indonesia juga belum cukup mumpuni mengobati kanker," jelas dr Yanti.

Indonesia disebutnya menempati peringkat ke-8 dengan penduduk terbanyak pengidap kanker di Asia tenggara. "Data global burden cancer 2018, prevalensi kanker tertinggi di Indonesia pada laki-laki didominasi kanker trakea, bronkus, dan paru-paru," jelasnya.

"Sedangkan di wanita tetap pada payudara dan serviks," pungkas dia.



Simak Video "Berikut Kebiasaan yang Dapat Memicu Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT