Masakan Rumahan Kunci Cegah Stunting, Semurah Tempe dan Sayur Lodeh

ADVERTISEMENT

Masakan Rumahan Kunci Cegah Stunting, Semurah Tempe dan Sayur Lodeh

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 21 Okt 2022 11:16 WIB
Ditengah percepatan pembangunan infrastruktur, Indonesia justru masih bergelut dengan stunting. Angka terbesar stunting berada di Nusa Tenggara Timur, begini potretnya.
Ilustrasi menu ala rumahan untuk mencegah stunting. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Stunting adalah kondisi anak gagal tumbuh akibat kekurangan asupan gizi dalam waktu yang cukup lama. Kondisi ini mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar usianya.

Mengatasi stunting salah satunya dengan memberikan makanan yang baik dengan gizi dan cukup kepada anak. Selain mencegah stunting, pola makan sehat membuat anak tidak mudah sakit.

Kebanyakan ibu muda memberikan ikan salmon, dori, ditambah pelengkap lain seperti olive oil sampai keju sebagai piliahan MPASI bagi sang buah hati. Padahal pangan tradisional juga sama baiknya untuk memenuhi gizi bagi anak.

"Peran tempe ini baik banget, selain bisa menjadi prebiotik, juga ada fermentednya bisa jadi probiotik sekaligus, atau simbiotik ya, dan ini kan lagi jadi pangan fungsional, tren sekarang ya kalau kita bicara prebiotik dan probiotik, tempe itu bisa banget," ujar Medical Science Director Danone Indonesia, dr Ray Basrowi, MKK saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Selatan, Senin (17/10/2022).

Tempe dilabeli 'superfood' karena kaya protein, serat, kalsium, sampai zat besi. Proses fermentasi dari tempe juga membuat tempe penuh dengan bakteri baik yang sangat bermanfaat bagi anak di masa pertumbuhan.

dr Ray juga mengungkapkan tempe bisa menjadi solusi saat anak sudah mengalami gejala stunting. Ketika sudah terlihat tanda-tanda gangguan tumbuh salah satunya berat badan tidak naik, memberikan pre dan probiotik yang keduanya terkandung dalam tempe bisa mencegah anak menjadi stunting.

"Harus menginovasi supaya jangan difried semua, jangan digoreng semua, dibikin tempe bacem itu bagus banget, karena ternyata prebiotik dan probiotik yang ada di tempe bisa tetep esensial," ungkap dr Ray.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT