Anak Kena Gagal Ginjal Akut Misterius Bisa Sembuh Total? Ini Kata Dokter

ADVERTISEMENT

Anak Kena Gagal Ginjal Akut Misterius Bisa Sembuh Total? Ini Kata Dokter

Fadilla Namira - detikHealth
Jumat, 21 Okt 2022 14:42 WIB
Ilustrasi anak dirawat di rumah sakit
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/kan2d
Jakarta -

Kasus gagal ginjal akut misterius pada anak tengah mewabah di Indonesia. Penyakit ini tergolong serius karena menyangkut penurunan fungsi ginjal untuk menyaring racun dari dalam tubuh. Lalu, benarkah ia menimbulkan efek jangka panjang?

"Kita belum tahu. Yang pulang tujuh orang kita belum tahu kondisi kedepannya karena ini termasuk pengalaman baru," kata Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSUPNCM), dr Lies Dina Liastuti, Sp.JP (K), MARS, FIHA saat ditemui di RSCM, Kamis (20/10/2022).

Sebagai salah satu rumah sakit rujukan, RSCM menerima laporan ada 49 anak terkonfirmasi Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (Gg GAPA). Mirisnya dari jumlah kasus tersebut, hanya tujuh pasien yang dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang dari pengobatan inap intensif.

Namun, para dokter sendiri tidak bisa memastikan apakah kondisinya tersebut sepenuhnya pulih atau ada kemungkinan untuk ia muncul lagi. Sebab hingga kini, penelitian terkait pemicu gagal ginjal akut misterius pada anak belum dipaparkan secara rinci. Hanya saja, mereka masih meyakini bahwa paparan zat kimia berbahaya di atas ambang batas bernama etilen glikol dan dietilen glikol menyebabkan ginjal sulit bekerja.

"Karena gini, kalau penyebabnya pasti diketahui, kita tahu dia pulihnya seperti apa. Contohnya, dia kena infeksi. Begitu kumannya hilang, ya dia (penyakit) hilang juga," pungkasnya.

Oleh karena itu, pihak RSCM sedang berupaya secara masif guna meningkatkan angka kesembuhan. Mereka juga memberdayakan laboratorium-laboratorium yang sekira memampuni untuk menelaah lebih dalam tentang penyebab Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (Gg GAPA) pada anak, salah satunya labkesda DKI Jakarta dan Puslabfor Bareskrim Polri.



Simak Video "10 Wilayah RI dengan Kasus Gagal Ginjal Akut Anak Terbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT