5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal, Termasuk Menahan Pipis

ADVERTISEMENT

5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Ginjal, Termasuk Menahan Pipis

Alethea Pricila - detikHealth
Selasa, 01 Nov 2022 05:00 WIB
ilustrasi ginjal
Kebiasaan yang merusak ginjal (Foto: Getty Images/iStockphoto/peakSTOCK)
Jakarta -

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh manusia yang mampu memproses setidaknya 200 liter darah. Organ yang besarnya hanya seperti bola golf ini berfungsi untuk menyaring racun dalam tubuh.

Jika ginjal rusak atau tidak bekerja dengan baik, racun akan berkembang di dalam tubuh manusia dan menghambat fungsi normal organ penting lainnya. Kondisi ini membuat manusia akan sakit perut, mudah lelah, dehidrasi hingga timbul masalah kesehatan lainnya.

Namun ada beberapa hal yang sering dilakukan manusia yang tanpa disadari bisa merusak ginjal. Berikut 5 kebiasaan yang bisa merusak ginjal, dikutip dari berbagai sumber.

1. Terlalu Banyak Konsumsi Protein

Protein hewani menghasilkan asam jumlah tinggi dalam darah yang bisa menyebabkan asidosis, suatu kondisi ginjal saat tidak bisa menghilangkan cukup asam sehingga menyebabkan efek merugikan pada organ. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang seimbang antara protein, sayur, dan buah.

2. Kurang Tidur

Fungsi ginjal dalam tubuh manusia diatur oleh siklus tidur dan bangun yang membantu mengkoordinasikan beban kerja organ selama seharian. Para peneliti dari Boston's Brigham and Women's Hospital mempelajari kebiasaan tidur para sukarelawan wanita dan menemukan bahwa terlalu sedikit tidur dikaitkan dengan penurunan fungsi ginjal yang lebih cepat.

3. Tidak Cukup Minum Air Putih

Mengonsumsi air putih berguna untuk membantu tubuh agar tetap terhidrasi serta membantu ginjal dalam membersihkan natrium dan racun dari tubuh.

Minum air putih yang cukup juga membantu menghindari batu ginjal. Orang dengan masalah ginjal diharuskan memiliki lebih sedikit cairan. Tetapi orang dengan ginjal yang sehat harus minum 3-4 liter air setiap hari.



Simak Video "IDAI Belum Bisa Simpulkan Penyebab Gangguan Ginjal Akut Misterius Anak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT