Parasetamol Afi Farma Sempat Disebut Aman, Eh Ternyata Tercemar EG

ADVERTISEMENT

Parasetamol Afi Farma Sempat Disebut Aman, Eh Ternyata Tercemar EG

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jumat, 04 Nov 2022 11:09 WIB
Closeup woman pouring medication or antipyretic syrup from bottle to cup. Healthcare, people and medicine concept -
Foto: Getty Images/iStockphoto/spukkato
Jakarta -

Ada tiga produk PT Afi Farma, dua di antaranya sirup parasetamol yang sebelumnya dinyatakan aman dari cemaran etilen glikol dan dietilen glikol menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI), tetapi kemudian dilakukan uji sampling lanjutan dan ditemukan dua zat toksik tersebut. Karenanya, ketiga produk obat sirup tersebut kini dilarang, bahkan semua produk sediaan cair PT Afi Farma resmi ditarik dari peredaran dan produksinya disetop.

Ketiga produk yang dimaksud adalah:

  • Paracetamol Drops
  • Paracetamol Sirup Rasa Peppermint
  • Vipcol Sirup

Saat ditanya mengenai hal tersebut, juru bicara Kementerian Kesehatan RI Mohammad Syahril menyebut Kementerian Kesehatan RI hanya merekomendasikan 102 obat yang ditemukan di rumah pasien dengan gagal ginjal akut untuk dianalisis BPOM RI. Seperti diketahui, dalam daftar tersebut, ada sirup paracetamol PT Afi Farma,

Karenanya, Kemenkes RI merekomendasikan 102 obat itu untuk dianalisis BPOM RI.

"Kami sebetulnya hanya merujuk pada satu kategori, yaitu obat sirup. Artinya, rekomendasi kami sampaikan ke BPOM bahwa semua obat sirup yang diduga ada komposisi pelarutnya, dan dimungkinkan ada cemaran EG dan DEG agar menjadi prioritas pemeriksaan BPOM," kata Syahril, ditulis Jumat (4/11/2022).

"Apabila obat itu masuk dalam kategori sirup, maka dilakukan pemeriksaan kuantitatif oleh BPOM terhadap obat tersebut untuk mencari tahu apakah ada cemaran EG dan DEG atau tidak di dalam obat itu," tutur Syahril.

Syahril tidak menjelaskan lebih lanjut mengapa kemungkinan obat sirup yang sebelumnya teruji aman, kemudian ditemukan cemaran etilen glikol dan dietilen glikol. Namun, pihaknya menekankan di luar daftar tujuh obat terlarang termasuk tiga sirup PT Afi Farma, sudah ada lebih dari 100 sirup yang kini kembali boleh digunakan.



Simak Video "Rumah Sakit di Tasikmalaya Simpan Obat Sirup di Gudang"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT