7 Makanan Pembersih Paru-paru, Diyakini Ampuh Legakan Napas Sesak Imbas Polusi

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

7 Makanan Pembersih Paru-paru, Diyakini Ampuh Legakan Napas Sesak Imbas Polusi

Alethea Pricila - detikHealth
Minggu, 06 Nov 2022 06:30 WIB
A young doctor is standing and looking at the lungs image at the blurred hospital room background. The concept of medical service, diagnosis and treatment.
Deretan makanan pembersih paru-paru imbas polusi. (Foto illustrasi: Getty Images/iStockphoto/Natali_Mis)
Jakarta -

Paru-paru menjadi salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang penting untuk diperhatikan kesehatannya. Organ ini menjadi tempat pertukaran oksigen dari udara dengan karbondioksida. Jelas, lantaran berfungsi menopang pernapasan, kebersihan paru-paru penting untuk diperhatikan.

Jika paru-paru terkontaminasi racun atau partikel yang tidak sehat seperti polusi, radikal bebas hingga rokok, organ ini dapat menjadi kotor. Akibatnya, muncul beberapa penyakit pernapasan karena paru-paru yang terinfeksi.

Kondisi tersebut membuat banyak orang yang mencari cara untuk membersihkan paru-paru. Menjaga gaya hidup dan menghindari rokok jelas menjadi cara paling utama untuk menjaga kesehatan paru-paru. Namun seiring itu, ada cara lain yang bisa digunakan untuk membersihkan paru-paru dengan menjaga asupan makanan.

Makanan Pembersih Paru-paru

1. Madu

Pemanis alami ini telah digunakan banyak orang ketika merasa tidak enak badan karena pilek dan batuk. Madu memiliki sifat antibakteri yang membantu mengurangi masalah pernapasan. Tak hanya itu, madu juga dapat membersihkan saluran udara dan menjaga kesehatan paru-paru. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi satu sendok madu dalam air hangat.

2. Tomat

Suatu penelitian 2017 menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat dapat mengurangi peradangan saluran pernapasan bagi penderita asma. Tomat juga dapat meningkatkan fungsi paru bagi penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Hal ini didapatkan karena tomat mengandung vitamin C yang cukup banyak serta kaya akan likopen dan antioksidan karotenoid.

3. Teh Hijau

Jenis teh ini memiliki kandungan Epigallocatechin gallate (EGCG) yang merupakan sebuah senyawa yang bekerja sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa menghambat fibrosis paru dan jaringan parut (luka).

Studi kecil pada 2020 menunjukkan pengobatan ekstrak EGCG yang dilakukan selama 2 minggu dapat mengurangi gejala fibrosis yang merupakan penyakit yang ditandai dengan jaringan parut progresif yang mengganggu fungsi paru-paru.

4. Bawang Putih

Salah satu jenis bumbu dapur ini ternyata bisa membantu membersihkan paru-paru. Bawang putih memiliki senyawa kuat disebut allicin yang berfungsi sebagai antibiotik dan membantu menyembuhkan infeksi pernapasan. Makanan pembersih paru ini disebut ampuh meringankan sesak napas dan membantu mengurangi peradangan sehingga baik untuk mereka yang memiliki asma.

5. Kopi

Kandungan kafein dan antioksidan yang ada dalam kopi memberi manfaat bagi paru-paru. Kafein dapat berfungsi sebagai vasodilator yang memiliki fungsi untuk membantu pembuluh darah agar terbuka dan mengurangi gejala asma pada pengidapnya dalam jangka pendek. Kandungan ini juga bisa meningkatkan fungsi sistem pernapasan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

6. Kubis Merah

Sayuran berserat ini kaya akan antosianin yang telah dikaitkan dengan fungsi paru-paru. Tak hanya itu, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang mengonsumsi serat dalam jumlah rendah.

7. Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit dapat membersihkan paru-paru secara alami serta membantu detoksifikasi yang bisa memperkuat kekebalan tubuh. Kunyit juga mengandung antioksidan serta anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi yang ingin mencoba, kunyit dapat dikonsumsi dengan memakan secara mentah atau menggunakan bentuk bubuk yang dicampur susu.



Simak Video "Perbandingan Paru-paru Pasien COVID-19 yang Divaksin dan Belum"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT