Mengenal Bipolar, Kondisi Kejiwaan yang Diidap Aaron Carter Sebelum Meninggal

ADVERTISEMENT

Mengenal Bipolar, Kondisi Kejiwaan yang Diidap Aaron Carter Sebelum Meninggal

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Minggu, 06 Nov 2022 12:30 WIB
Aaron Carter Meninggal Dunia
Foto: Instagram: @aaroncarter
Jakarta -

Penyanyi Aaron Carter ditemukan meninggal dunia di rumahnya pada usia 34 tahun. Belum pasti penyebab meninggalnya adik dari personel Backstreet Boys Nick Carter yang ditemukan tewas di kamar mandi rumahnya.

Sejumlah media mengungkit kondisi kesehatan mental yang diidap Aaron Carter semasa hidup. Dikutip dari Page Six, di 2019 lalu Aaron tampil dalam sebuah tayangan televisi The Doctor dan membawa setas obat yang disebutnya didapat setelah didiagnosis multiple personality disorder, schizofrenia, gangguan manik-depresi atau bipolar, serta anksietas.

Apa Itu Gangguan Bipolar?

Dikutip dari Mayo Clinic, gangguan bipolar (bipolar disorder) adalah kondisi kesehatan mental yang menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrem. Terdapat dua fase atau episode dalam gangguan bipolar, yaitu fase mania atau manik dan fase depresi.

Pada fase manik, pengidapnya terlihat menjadi sangat bersemangat, enerjik, dan bicara cepat. Sedangkan pada fase depresi, pengidapnya akan terlihat sedih, lesu, dan hilang minat terhadap aktivitas sehari-hari.

Psikiater dr Andri SpKJ dari RS EMC Alam Sutera mengungkap pengidap bipolar tidak selalu dalam keadaan episode manik atau depresif. Mereka juga memiliki fase normal dalam periode tertentu dengan bantuan pengobatan.

"Pada orang bipolar itu ada kondisi fase normalnya juga, jadi bukan dalam kondisi depresi dan manik, kadang-kadang ada fase normalnya, ya itulah makanya membutuhkan pengobatan yang terus menerus, supaya pada fase normalnya itu jauh lebih lama, daripada fase sakitnya, baik sakit maniknya atau saat lagi fase depresif," tutur dr Andri kepada detikcom beberapa waktu lalu.

NEXT: Penyebab gangguan bipolar



Simak Video "Penyakit Mental yang Dialami Aaron Carter: Skizofrenia-Kecemasan Akut"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT