Seperti Apa Bentuk Manusia 978 Tahun Lagi? Ini Ciri-cirinya Menurut Prediksi

ADVERTISEMENT

Seperti Apa Bentuk Manusia 978 Tahun Lagi? Ini Ciri-cirinya Menurut Prediksi

Fadilla Namira - detikHealth
Minggu, 06 Nov 2022 18:47 WIB
Mindy - gambaran bentuk manusia di tahun 3000
Mindy, gambaran bentuk manusia di tahun 3000 (Foto: Tollfree Forwarding)
Jakarta -

Kemajuan teknologi modern telah mengubah kehidupan manusia saat ini. Namun, tahukah bahwa hal ini ternyata memiliki dampak dalam perubahan postur tubuh manusia yang semakin 'aneh'?

Telepon pintar atau laptop kini sudah menjadi alat wajib yang dipunyai penduduk dunia, terutama bagi orang berusia produktif. Fungsinya pun beragam, mulai dari kebutuhan pendidikan, pekerjaan, atau hanya sebatas hiburan. Selain itu, jaringan internet mempermudah manusia untuk mencapai segala informasi tak terbatas dari segala penjuru dunia.

Terlebih, kemajuan teknologi juga menciptakan lapangan kerja yang luas dan membantu seseorang jika ingin mempelajari keterampilan baru. Pun kemajuan ini sepertinya akan meningkat tajam karena setiap individu ataupun perusahaan tengah berlomba-lomba membuat teknologi baru supaya membantu pekerjaan manusia semakin sederhana.

Di sisi lain, peneliti menganalisis dampak buruk bagi tubuh manusia yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi ini. Hasil studi tersebut kemudian direfleksikan melalui sebuah gambar tiga dimensi yang bernama Mindy. Jika dilihat dengan seksama, penampilan Mindy sangat berbeda dengan manusia saat ini.

Dikutip dari Toll Free Forwarding, berikut ini adalah perbedaan-perbedaan postur tubuh Mindy dari manusia pada umumnya.

Berikut ini prediksi tentang perubahan yang akan terjadi pada manusia di tahun 3000:

1. Punggung dan Leher Melengkung

Ketika menggunakan laptop atau komputer, manusia pasti menyesuaikan tubuhnya untuk melihat layar objek tersebut dengan sedikit ke bawah atau ke atas. Lambat laun, hal ini menyebabkan tulang penopang tubuh seseorang tegang dan merubah bentuknya secara signifikan.

"Menghabiskan berjam-jam menatap ponsel Anda, membuat leher tegang dan membuat tulang punggung tidak seimbang. Akibatnya, otot-otot di leher Anda harus mengeluarkan upaya ekstra untuk menopang kepala. Selain itu, tubuh juga tampak tidak lurus dan sejajar," kata Caleb Backe, pakar kesehatan dan kebugaran di Maple Holistics.

2. Text Claw dan Tech Neck

Kemajuan teknologi juga berdampak pada perubahan bentuk jari dan leher. Menurut dr K Daniel Riew dari New York Presbyterian Orch Spine Hospital, penggunaan smartphone menyebabkan otot-otot di bagian belakang leher berkontraksi untuk menahan kepala. Semakin tunduk pandangan, maka otot leher bekerja dengan sangat keras menahan kepala agar tetap tegak.

Cara seseorang memegang ponsel setiap waktu pun memicu perubahan jari-jari tangan jadi melengkung dengan tidak wajar dalam jangka waktu yang lama.

"Cara kita memegang ponsel dapat menyebabkan ketegangan pada titik tertentu sehingga menyebabkan 'text claw' atau dikenal sebagai sindrom terowongan kubital," tutur dr Nikols Djordjevic dari Med Alert Help.

Penjelasan dr Djordjevic tentang text claw juga berlaku untuk perubahan fisik lain, yaitu siku 90 derajat atau 'smartphone elbow'. Hal ini disebabkan oleh posisi lengan yang khas saat menggunakan smartphone, baik penggunaan secara umum atau menempelkannya ke telinga selama menelpon.

"Sindrom ini disebabkan oleh tekanan atau peregangan saraf ulnaris yang berada di siku. Akibatnya, saraf mati rasa atau sensasi kesemutan pada jari manis dan kelingking, nyeri lengan bawah, dan kelemahan pada tangan," lanjut dr Djordjevic.

NEXT: Otak malah mengecil?



Simak Video "Berikut Kebiasaan yang Dapat Memicu Kanker"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT