Belum Berani Minum Obat Sirup? Ini 8 Obat Tradisional Anak Demam Malam

ADVERTISEMENT

Belum Berani Minum Obat Sirup? Ini 8 Obat Tradisional Anak Demam Malam

Fadilla Namira - detikHealth
Minggu, 06 Nov 2022 22:00 WIB
Fever, Close-up medical thermometer, Parent / Father measuring temperature of his ill kid, Asian 3 - 4 years old toddler boy gets high fever lying on bed with cold compress on forehead to cool a fever
Tips saat anak demam malam (Foto: Getty Images/iStockphoto/yaoinlov)
Jakarta -

Demam pada anak merupakan kondisi medis yang cukup lumrah, namun terasa sangat menakutkan bagi orang tua apalagi terjadi di malam hari. Untuk itu, orang tua perlu mengetahui obat tradisional anak demam malam guna penanganan pertama sebelum mendapat tindakan dari dokter.

Suhu tubuh normal manusia tidak lebih dari 37 derajat celcius. Akan tetapi, suhu tubuh berfluktuasi secara alami sepanjang hari, terutama bila sebelumnya beraktivitas fisik di luar ruangan. Jika seseorang mengalami kenaikan suhu tubuh disertai gejala-gejala lain, seperti kehilangan selera makan dan sakit kepala, ia dapat diindikasikan terkena demam.

Kemunculan demam menandakan tubuh seseorang tengah berjuang melawan infeksi penyebab peradangan. Kondisi fisik yang tidak sehat juga bisa dipicu oleh faktor lain, seperti penggunaan obat tertentu, reaksi vaksin, atau tumbuhnya sel kanker. Namun bagi anak, tumbuh gigi saja bisa menyebabkan suhu tubuhnya naik sekitar 0,5 derajat celsius. Lalu, pengobatan seperti apa yang bisa diberikan kepada anak selain tindakan medis dari dokter?

Obat Tradisional Anak Demam Malam

Ada banyak cara untuk meredakan panas anak tanpa penanganan medis, salah satunya dengan memberikan obat tradisional anak demam malam berikut ini dikutip dari Medical News Today dan Parenting First Cry:

1. Minum Banyak Cairan

Kondisi kesehatan yang menurun menyebabkan anak sering rewel dan menangis. Hal ini pun akan menyulitkan orang tua untuk memaksa anak meminum lebih banyak air. Namun tenang saja, para ibu bisa mengganti air mineral biasa dengan sup kaldu ayam hangat, pudding, ataupun jus buah agar lebih sehat.

2. Kompres Air Hangat

Pilihan alternatif lainnya adalah meletakan waslap hangat di dahi anak untuk membantu menurunkan panas. Tidak disarankan untuk mengoleskan alkohol ke kulit anak karena apabila terserap akan menambah efek buruk bahkan penyakit kulit.

3. Teh Herbal

Teh herbal adalah obat alami untuk meredakan demam. Jenis teh yang sering direkomendasikan adalah teh chamomile. Para orang tua bisa berikan obat alami ini kepada anak sebanyak dua kali sehari. Bila ingin lebih manis, sebaiknya ganti gula dengan madu ke dalam teh.

4. Jus Lemon

Diperkaya dengan vitamin C, lemon dipercaya membantu memperkuat kekebalan tubuh. Minuman ini bisa dicampurkan dengan madu untuk memberikan nutrisi tambahan dan rasa manis yang nikmat.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antivirus sehingga efektif menurunkan suhu tubuh. Minyak kelapa murni yang dapat dikonsumsi langsung sudah banyak dijual di pasar ataupun toko online. Jika tidak ingin dikonsumsi begitu saja, para orang tua bisa mencampurkannya ke makanan anak dalam jumlah kecil.

6. Daun Kemangi

Selain dikonsumsi sebagai lalapan pendamping, daun kemangi atau tulsi telah digunakan untuk melawan virus sejak lama. Hal ini dikarenakan daun kemangi mempunyai kandungan antibiotik dan antivirus sehingga baik untuk mengobati demam.

Caranya adalah rebus 20 lembar daun kemangi dalam satu liter air dan tambahkan setengah sendok bubuk cengkeh. Bila sudah tercampur rata, diamkan larutan tersebut hingga hangat lalu berikan kepada anak setidaknya dua jam sekali.



Simak Video "Ini Takaran Kebutuhan Cairan Harian untuk Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT