Siap-siap Booster! 10 Juta Vaksin COVID dalam Negeri Mulai Siap Dipakai Bulan Ini

ADVERTISEMENT

Siap-siap Booster! 10 Juta Vaksin COVID dalam Negeri Mulai Siap Dipakai Bulan Ini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Selasa, 08 Nov 2022 15:30 WIB
Tenaga kesehatan menerima Vaksinasi COVID-19 booster kedua di Gelanggang Remaja Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (1/8/2022). Vaksinasi booster kedua yang diadakan 1-5 Agustus tersebut diberikan untuk tenaga kesehatan dengan ketersediaan 150 dosis per hari.
Ilustrasi vaksin COVID-19. (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan pemerintah sudah mengamankan 10 juta dosis vaksin COVID-19 dalam negeri untuk kebutuhan booster masyarakat tahun ini. Vaksin COVID-19 IndoVac dan InaVac setidaknya bakal segera dipakai November bulan ini.

Belum disebutkan pasti kapan persisnya masyarakat bisa memakai dua vaksin COVID-19 tersebut sebagai booster atau dosis ketiga.

"Rencana produksi vaksin dalma negeri, november ini kita rencanakan ada 5 juta vaksin covid-19 dalam negeri yang kita pakai," bebernya dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, Selasa (8/11/2022).

"Desember juga ada 5 juta lagi sehingga total vaksin dalam negeri yang akan kita beli dan manfaatkan tahun ini adalah 19 juta dosis dan sebagian besar akan digunakan untuk vaksinasi booster," sambung dia.

Perlu diketahui, hingga kini, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) sedang finalisasi pemberian EUA booster vaksin InaVac heterolog untuk usia dewasa 18 tahun ke atas, perkiraan keluar akhir minggu kedua November. Sementara EUA booster IndoVac untuk heterolog dewasa 18 tahun ke atas sudah diberikan per 3 November kemarin.



Simak Video "Yang Perlu Diketahui soal Booster Kedua Vaksin Covid-19 untuk Lansia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT