Sering Kesemutan Usai Jongkok atau Bersila, Normal Nggak Sih Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Sering Kesemutan Usai Jongkok atau Bersila, Normal Nggak Sih Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 09 Nov 2022 09:00 WIB
Ilustrasi Kesemutan
Sering kesemutan setelah duduk bersila atau jongkok terlalu lama, apa itu normal Dok? (Foto ilustrasi: shutterstock)
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, saya mau tanya. Terkadang, setelah duduk bersila atau jongkok terlalu lama kaki sering sekali kesemutan. Apakah kondisi ini normal Dok atau ini tanda suatu penyakit Dok?

HN (pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Duduk bersila atau jongkok terlalu lama dapat menyebabkan aliran darah tertahan atau saraf tertekan. Efeknya adalah rasa kesemutan dan hal ini bisa normal.

Bila sering terjadi tanpa ada posisi tertentu dan juga disertai kelemahan otot atau kehilangan sensitivitas, dapat dicurigai ada kelainan.

Misalnya gangguan saraf atau ada saluran saraf yang terjepit. Bisa juga karena adanya gangguan saluran pembuluh darah atau gangguan elektrolit serta vitamin tertentu.

Kesemutan juga merupakan keluhan yang umum terjadi pada pasien dengan kencing manis, karena ada gangguan perdarahan dan saraf di perifer.

dr Eddy Wiria, PhD

Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin. Bisa juga mengirim pertanyaan melalui kolom 'konsultasi' yang tersedia pada laman kanal detikHealth.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Indonesia Catat 11 Ribu Kasus Baru Kanker pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT