Penyebab Perut Buncit pada Wanita, Dialami BCL Sampai Kena Body Shaming

ADVERTISEMENT

Penyebab Perut Buncit pada Wanita, Dialami BCL Sampai Kena Body Shaming

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 11 Nov 2022 11:00 WIB
Bunga Citra Lestari
Foto: Palevi/detikhot
Jakarta -

Aktris sekaligus penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) mendapat sorotan yang kurang mengenakkan. Kabar tak sedap didapatkannya hanya karena perutnya membuncit.

Tidak sedikit netizen yang menuding ibu anak satu ini berbadan dua. Pelantun Cinta Sejati ini pun membantah hal tersebut dan mengatakan perutnya membuncit karena kebiasaan makan.

"Aku lebih sedih karena ini body shaming," tutur BCL.

Penyebab perut buncit

Perut buncit seperti BCL biasanya merupakan istilah yang mengacu pada membesarnya bagian perut bawah yang ditandai dengan bertambahnya ukuran pinggang. Jadi bukan seluruh perut yang membesar layaknya orang hamil, melainkan hanya bagian bawahnya.

Dikutip dari laman Primaya Hospital, bagi banyak wanita, pertambahan usia sering kali diiringi dengan pertambahan ukuran pinggang pula yang memicu terjadinya perut buncit. Beberapa tahun menjelang menopause, ada perubahan kadar hormon, seperti estrogen. Menurut penelitian, perubahan ini bisa memicu perubahan tubuh wanita, salah satunya membuat perut membuncit.

Selain itu, penyebab lain perut buncit yakni:

1. Baru saja selesai makan

Perut biasanya akan menjadi buncit setelah makan. Hal ini terjadi karena makaan belum diolah sepenuhnya sehingga lemak menumpuk di perut.

Tiduran setelah makan juga meningkatkan risiko perut membuncit.

2. Genetik

Perut buncit juga bisa terjadi karena faktor genetik yang membuat reaksi tubuh sulit mengolah lemak dan gula yang bila menumpuk di perut dapat mengakibatkan buncit.

3. Kandungan gas dalam makanan

Ada beberapa makanan yang mengandung gas seperti kol dan brokoli yang bisa membuat perut membuncit. Tapi perut akan kembali normal setelah efek gas itu hilang.

4. Bakteri

Perut manusia diisi banyak bakteri yang bermanfaat untuk kesehatan, terutama pencernaan. Tapi ada beberapa jenis bakteri jahat yang bila terlalu banyak dapat menyebabkan perut buncit.

5. Berat badan naik

Orang yang berat badannya naik umumnya juga akan mengalami perut buncit karena adanya tambahan lemak di dalam tubuh. Peningkatan bobot ini bisa terjadi lantaran tidak mengatur pola makan, stres tingkat tinggi, jarang bergerak aktif, dan meminum alkohol berlebih.



Simak Video "Apakah Perut Buncit jadi Sarang Penyakit?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT