Jisoo BLACKPINK Ada Benjolan di Leher Sampai Diduga Kena Tumor, Apa Penyebabnya?

ADVERTISEMENT

Terpopuler Sepekan

Jisoo BLACKPINK Ada Benjolan di Leher Sampai Diduga Kena Tumor, Apa Penyebabnya?

Alethea Pricila - detikHealth
Minggu, 13 Nov 2022 13:01 WIB
Benjolan di leher Jisoo
Viral foto Jisoo BLACKPINK terlihat ada benjolan di leher bagian kanan. Foto: Tangkapan Layar Viral
Jakarta -

Jisoo BLACKPINK membuat para penggemarnya khawatir lantaran beredar foto dirinya terlihat memiliki benjolan di leher sebelah kanan. Benjolan tersebut terlihat ketika Jisoo sedang bernyanyi di atas panggung Sejumlah penggemar menduga benjolan tersebut merupakan tanda dari berbagai penyakit seperti kelenjar getah bening yang membengkak hingga tumor.

"Bukankah ini tumor di leher Jisoo? Dia harus pergi ke rumah sakit untuk biopsi. Bisa jadi fibroid ringan, tapi bisa juga tumor ganas. Pokoknya, itu terus membesar, dan akan hilang jika dia dioperasi," tulis penggemar tersebut dikutip dari AllKpop.

Tanggapan YG Entertainment

Menanggapi kondisi tersebut, YG Entertainment selaku agensi yang menaungi BLACKPINK mengatakan bahwa Jisoo dalam kondisi baik sehingga tak ada yang perlu dikhawatirkan.

"Jisoo mampu menjalani jadwal tur dunia dengan baik dan tidak ada yang salah dengan kesehatannya," tulis keterangan resmi YG Entertainment dikutip dari AllKpop.

Diketahui, saat ini BLACKPINK akan melanjutkan tur dunia 'BORN PINK' mereka di Eropa dari November hingga Desember 2022.

7 Penyebab Benjolan di Leher

Dilansir dari Healthline, benjolan yang ada di leher sebagian besar tidak berbahaya. Meski begitu, benjolan tersebut juga bisa menjadi tanda kondisi yang serius seperti infeksi atau pertumbuhan kanker. Berikut kemungkinan penyebab adanya benjolan di leher.

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Benih

Kelenjar getah bening di leher biasanya timbul sebesar ukuran kacang polong. Namun dapat membengkak hingga berdiameter 1 inci atau lebih besar. Kondisi ini bisa menjadi tanda dari:

  • Infeksi virus
  • Infeksi bakteri
  • Kerusakan gigi atau abses
  • Leukemia (kanker darah)
  • Limfoma (kanker kelenjar getah bening).

Pembengkakan kelenjar getah bening yang merupakan respons terhadap infeksi biasanya menyusut dalam waktu 2 hingga 3 minggu. Akan tetapi, jika benjolan tetap tidak berubah atau tumbuh selama beberapa minggu, hal ini bisa menandakan kondisi serius seperti leukemia.

2. Lipoma

Kondisi ini ditandai dengan adanya benjolan yang terbentuk oleh jaringan lemak tepat di bawah permukaan kulit. Tak perlu khawatir, kondisi ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT