Pengumuman! Kini Vaksin Meningitis Tak Wajib Bagi Jamaah Umrah

ADVERTISEMENT

Pengumuman! Kini Vaksin Meningitis Tak Wajib Bagi Jamaah Umrah

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Selasa, 15 Nov 2022 10:19 WIB
Vaksin door to door gencar dilakukan sebagai langkah percepatan vaksinasi. Jelang HUT RI, aktivitas ini kental dengan nuansa kemerdekaan.
Ilustrasi vaksin. Vaksin Meningitis Tidak Wajib (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI resmi menyatakan kini vaksin meningitis tak wajib lagi bagi warga yang ingin melaksanakan ibadah Umrah. Adapun keputusan ini tertulis dalam Surat Edaran Nomor Hk.02.02/C.I/9325/2022 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Meningitis Bagi Jamaah Haji Dan Umrah.

"Vaksinasi Meningitis Meningokokus merupakan suatu keharusan bagi mereka yang datang ke Arab Saudi dengan menggunakan visa haji dan tidak menjadi keharusan bagi mereka yang datang menggunakan visa umrah," demikian isi surat edaran tersebut seperti yang diterima detikcom, Senin (14/11/2022).

Sementara bagi jamaah Umrah yang tetap ingin melaksanakan vaksinasi meningitis meningokokus sebagai upaya perlindungan kesehatan, tetap bisa mendapatkannya di fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan layanan vaksinasi internasional.

Vaksin Meningitis Tak Wajib, Bagaimana dengan Pengidap Komorbid?

Meskipun tak lagi diwajibkan, calon jamaah Umrah tetap disarankan melakukan vaksinasi meningitis jika memiliki riwayat penyakit komorbid.

"Melaksanakan vaksinasi Meningitis Meningokokus dan vaksinasi lainnya di fasilitas kesehatan yang menyelenggarakan layanan vaksinasi internasional," lanjut edaran tersebut.

Sebagaimana diketahui, Arab Saudi merupakan destinasi dari jutaan jamaah muslim seluruh dunia untuk menunaikan ibadah haji maupun umrah. Negara Arab Saudi dikenal sebagai daerah endemis meningitis meningokok sejak ditemukannya kasus pertama kali pada jemaah haji pada tahun 1987.

Jamaah dari seluruh dunia dalam jumlah besar dari berbagai negara menjadi salah satu risiko penularan penyakit berbahaya ini.

Apa Itu Meningitis?

Meningitis merupakan peradangan pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Kondisi ini bisa disebabkan oleh sejumlah patogen jahat, seperti bakteri, virus, jamur, dan parasit.

Adapun cara penularannya mirip seperti COVID-19, yaitu melalui kontak langsung dengan droplet pernapasan atau sekresi tenggorokan saat batuk/bersin.

Gejala yang dapat dijumpai pada meningitis antara lain:

  • Nyeri kepala hebat
  • Demam
  • Mual
  • Muntah
  • Kejang
  • Penurunan kesadaran

Meningitis dapat menimbulkan gejala sisa pada gangguan sistem saraf sehingga pengidapnya dapat mengalami gangguan jangka panjang, seperti:

  • Gangguan kognitif
  • Gangguan bicara
  • Gangguan penglihatan
  • Ketulian
  • Kelumpuhan
  • Kematian

Manfaat Vaksin Meningitis

Meskipun meningitis dapat menyebabkan kecacatan serta mengancam nyawa, penyakit ini secara efektif dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi. Vaksin dapat membantu tubuh memproduksi antibodi untuk melawan bakteri penyebab meningitis.



Simak Video "Berikut Kebiasaan yang Dapat Memicu Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT