Catat, Ini Pentingnya Protein bagi Ibu Hamil & Menyusui

ADVERTISEMENT

Catat, Ini Pentingnya Protein bagi Ibu Hamil & Menyusui

Erika Dyah - detikHealth
Rabu, 16 Nov 2022 12:33 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil
Foto: Shutterstock
Jakarta -

Masa kehamilan dan menyusui menjadi momen bahagia bagi para ibu. Namun, masa-masa ini juga bisa menjadi masa sulit. Pasalnya, tak jarang ibu hamil dan ibu menyusui menjadi mudah lelah lantaran kekurangan nutrisi.

Bicara soal nutrisi, protein menjadi asupan penting yang perlu dikonsumsi di masa-masa penting, seperti saat hamil dan menyusui. Sebab, di periode ini tubuh membutuhkan protein dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi fungsi dasar, seperti pertumbuhan otot, otak, dan darah.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai peran penting protein bagi ibu hamil dan menyusui? Melansir berbagai sumber, simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Kebutuhan protein menjadi semakin penting di masa kehamilan. Sebab, makronutrien ini berfungsi menjadi sumber energi yang mempertahankan bagian tubuh, seperti otak, otot, dan darah yang selama kehamilan mengalami perubahan.

Protein juga memainkan peran penting untuk mendukung perkembangan janin tetap sehat terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Apalagi, asam amino yang merupakan bahan penyusun protein berfungsi untuk pertumbuhan dan fungsi sel janin.

Dengan memenuhi kebutuhan protein, ibu juga dapat menurunkan risiko komplikasi seperti terhambatnya pertumbuhan janin dan persalinan prematur serta Berat Bayi Lahir Rendah (BBLR).

Pentingnya Protein bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Selama menyusui, tubuh menggunakan protein untuk memproduksi ASI (Air Susu Ibu) dan menopang pertumbuhan Buah Hati. Protein berguna membantu menumbuhkan sel-sel baru di organnya, termasuk juga otot dan otaknya.

Dengan mencukupi kebutuhan protein, tubuh dapat membangun, memperbaiki, dan memelihara jaringan serta organ yang sangat penting untuk kesehatan Ibu dan Buah Hati.

Adapun kebutuhan protein selama masa kehamilan dan menyusui ini bisa dipenuhi lewat konsumsi makanan tinggi protein. Mulai dari telur, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu. Jika Ibu lebih suka mengonsumsi susu, Ibu bisa penuhi kebutuhan protein dengan konsumsi PRENAGEN mommy saat hamil, dan PRENAGEN lactamom selama masa menyusui.

PRENAGEN mommy mengandung Protein, 20 Vitamin Mineral, DHA, dan Omega 3 untuk perkembangan otak buah hati, serta selenium untuk mengurangi risiko hipertensi pada kehamilan. Selain itu, PRENAGEN mommy juga tinggi asam folat untuk mencegah cacat tabung saraf, zat besi, kalsium dan vitamin D. Produk ini bisa dikonsumsi 2 gelas sehari sejak awal kehamilan hingga melahirkan.

Rasanya pun beragam, ada French Vanilla, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry, Delicious Mung Bean, dan Groovy Mocha yang tak akan bikin enek meski dikonsumsi saat hamil. Ada juga pilihan PRENAGEN mommy Almond Soya Powder bagi para ibu yang lebih menyukai protein nabati dan punya nutrisi lengkap.

Sementara itu, PRENAGEN lactamom dapat jadi andalan bagi Anda yang membutuhkan ASI booster karena nutrisinya lengkap untuk ibu dan buah hati. Kandungan protein di dalamnya baik untuk perkembangan organ tubuh Buah Hati, jaga sistem imun, dan sebagai tenaga agar ibu tetap fit.

Selain itu, kandungan Protein, Vitamin B2, dan B12 di dalamnya dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI. Serta dilengkapi DHA dan Omega 3 untuk perkembangan otak Buah Hati, juga Kalsium dan Vitamin D untuk jaga kesehatan tulang dan mengurangi pegal atau nyeri badan.

Nah, itu dia sejumlah manfaat penting protein untuk ibu hamil dan menyusui. Serta cara mudah penuhi kebutuhan nutrisi protein dari sumber yang sehat, yakni lewat susu PRENAGEN mommy saat hamil dan PRENAGEN lactamom selama masa menyusui paling tidak selama 6 bulan atau pada periode pemberian ASI eksklusif.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT