Kepala BPOM Bertemu Kejagung, Ini yang Dibahas

ADVERTISEMENT

Kepala BPOM Bertemu Kejagung, Ini yang Dibahas

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Rabu, 16 Nov 2022 17:38 WIB
Penny K Lukito Kepala BPOM
Kepala BPOM RI Penny K Lukito. (Foto: Rifkyanto Nugroho/detikHealth)
Jakarta -

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) Penny K Lukito bertemu Kejaksaan Agung, Rabu (16/11/2022). Menurut Penny, pertemuan itu membahas perkembangan pidana terkait kelalaian perusahaan farmasi soal cemaran etilen glikol dan dietilen glikol di obat sirup.

Penny tidak menyebutkan persis detail yang dibahas dan kemungkinan tersangka perusahaan farmasi yang bakal diumumkan. Namun, menurutnya, peran Kejaksaan Agung dalam hal ini juga membantu penguatan kelembagaan BPOM RI dalam proses pengawasan.

"Tadi bertemu Pak Jaksa Agung tentunya dikaitkan dengan perkara-perkara pidana yang sdang dikembangkan, penyidikan yang serang dikembangkan berkaitan dengan industri farmasi yang melanggar ketentuan," kata dia kepada wartawan, Rabu (16/11/2022).

"Tentunya memohon dukungan untuk nanti proses penegakan hukumnya berjalan dengan lancar dan memberikan efek jera," sambungnya.

Penny berterima kasih kepada pihak Kejagung yang disebut membantu mengawal proses kasus cemaran EG dan DEG terkait obat sirup, dugaan pemicu 199 anak meninggal akibat gagal ginjal akut.

"Kami berdiskusi untuk dukungan dari Kejagung perkuatan dari Badan POM sendiri. Karena memang BPOM membutuhkan perkuatan sebagai kelembagaannya sebagai otoritas obat," bebernya.

"Ada beberapa hal, kami membutuhkan Perpu dan juga undang-undang pengawasan obat dan makanan yang kami harapkan segera berproses kembali," terang dia.



Simak Video "Daftar Tambahan Produk Obat Sirup Tanpa Pelarut Polietilen Glikol-Gliserol"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT