Menkes Bantah Miliaran Data PL Diretas Bjorka: Mungkin Cari Popularitas

ADVERTISEMENT

Menkes Bantah Miliaran Data PL Diretas Bjorka: Mungkin Cari Popularitas

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Jumat, 18 Nov 2022 16:07 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes RI Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membantah miliaran data PeduliLindungi diretas hacker Bjorka. Berdasarkan penelusuran Kemenkes RI dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), tidak ditemukan trace atau jejak kebocoran tersebut.

"Yang Bjorka itu kita udah cek datanya bukan data PeduliLindungi jadi kita ga yakin itu datanya kita, saran saya kemarin BSSN unuk segera cek, kita tidak menemukan adanya trace itu," terang dia saat ditemui di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jumat (18/11/2022).

Menkes mempertanyakan data yang diunggah hacker Bjorka termasuk klaimnya soal kebocoran privasi PeduliLindungi sejumlah pejabat seperti Menkominfo Johnny G Plate hingga Menkomarinves Luhut Binsar Pandjaitan.

Isu yang beredar yakni Bjorka disebut kembali membocorkan 2,3 miliar pengguna aplikasi PeduliLindungi. Bjorka membocorkan 48 gigabyte data yang disebut terkompresi, 175 gigabyte data tidak terkompresi dengan total 3.250.144.777 data.

Data tersebut disebut bocor dengan format CSV yang terdiri dari email, NIK, phone number, device ID, COVID-19 status, check in history, contact tracing sampai vaccination.
Menkes menyinggung kemungkinan yang bersangkutan hanya sekedar mencari perhatian.

"Jadi itu saya kira apakah itu untuk popularitas data yang dikeluarkan, itu bukan datanya kita," pungkas dia.

Lihat juga Video: Bjorka Beraksi Lagi! Bocorkan Data yang Diklaim Milik Pertamina

[Gambas:Video 20detik]



(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT